Sering mengeluh karena tagihan listrik di apartemen Anda melonjak tinggi? Hal ini tentu membuat Anda tidak dapat hidup nyaman di apartemen. Jika ini terjadi pada Anda, mungkin sudah saatnya Anda melakukan pengurangan daya dengan cara menghemat listrik. Pasalnya, tidak mungkin kan Anda mengeluarkan banyak uang untuk membayar tagihan listri sementara setiap bulan Anda masih harus membayar cicilan untuk available apartment in Jakarta yang kini Anda miliki?

Sebenarnya, untuk menghemat penggunaan listrik mudah saja. Salah satunya adalah dengan mengurangi penggunaan listrik pada lemari es. Begini caranya:

cara hemat listrik lemari es

cara hemat listrik lemari es

  1. Kurangi membuka lemari es dalam jangka waktu yang lama

Untuk mengurangi tagihan listrik dan lonjakan daya, Anda disarankan untuk tidak berlama-lama ketika membuka lemari es. Seringkali, Anda membuka pintu kulkas dan berdiri beberapa saat sebelum akhirnya mengambil botol air minum. Meski sederhana, ternyata kegiatan seperti ini membuat daya listrik bertambah.

  1. Jangan berlebihan saat menyetel suhu lemari es

Suhu yang ideal untuk lemari es adalah 2 hingga 4 derajat celcius. Sementara untuk freezer, Anda bisa menyetelnya di angka -15 derajat celcius. Memasang suhu yang berlebihan dan dingin membuat kompresor di lemari es bekerja dengan keras. Akibatnya konsumsi listrik semakin bertambah.

  1. Jauhkan dari sinar matahari langsung

Jangan sampai lemari es terkena sinar matahari langsung atau benda lain yang menghasilkan panas. Jadi, pastikan peletakkan lemari es di apartemen Anda jauh dari jendela dan juga jauh dari benda-benda seperti kompor, oven, bahkan microwave yang mampu menghasilkan panas. Selain itu, berikan jarak yang cukup antara lemari es dengan dinding agar lemari es dapat mengeluarkan udara panas.

  1. Hindari memasukkan makanan panas ke dalam lemari es

Pernah memasukkan makanan atau minuman yang masih panas ke dalam lemari es? Sebaiknya hentikan kebiasaan tersebut. Pasalnya, suhu yang panas tersebut akan meningkatkan suhu dalam kulkas sehingga mesinnya harus bekerja lebih keras untuk mengembalikan suhu ke titik normal.

Itu dia beberapa hal yang bisa Anda lakukan. Selain itu, jangan lupa untuk menjaga lemari es agar tetap rapi ya agar Anda tidak perlu berlama-lama saat hendak mengambil sesuatu. Selamat mencoba dan semoga membantu 😀 (TR)