Bagi Anda yang tengah hamil, melakukan perjalanan jauh atau travelling dengan menggunakan mobil Mitsubishi Pajero Sport, kereta, atau pesawat harus dilakukan dengan sangat hati-hati. Karena, bukan tidak mungkin, kegiatan travelling yang dilakukan ini bisa berakibat buruk bagi tubuh serta kehamilan Anda,dan berujung pada keguguran. Tentunya tidak ada yang ingin hal tersebut terjadi bukan?  Nah, untuk mengatasi hal yang seperti ini terjadi, ada beberapa hal yang sebaiknya dilakukan oleh para ibu hamil sebelum melakukan perjalanan.Berikut beberapa di antaranya.

Memeriksakan kesehatan ke dokter kandungan

Sebelum melakukan travelling, wajib sekali bagi ibu hamil memeriksakan kesehatan dan kadungannya ke dokter kandungan terlebih dahulu.  Dari hasil pemeriksaan ini, dokter bisa memutuskan apakah Anda fit untuk melakukan perjalanan atau tidak. Selain itu, dokter juga akan memberikan beberapa nasehat terkait hal-hal apa saja yang bisa kalian lakukan saat travelling, makanan apakah yang boleh dimakan, sehingga mencegah Anda terserang penyakit yang dapat mengancam Anda maupun kandungan.

Membuat asuransi

Agar lebih terlindungi saat travelling, akan lebih baik bila Anda memiliki sebuah asuransi kesehatan. Namun, perlu  diketahui, bila Anda travelling di benua Eropa, maka pemerintahnya pun akan membantu kalian mengatasi

tips travelling ibu hamil

tips travelling ibu hamil

masalah yang akan terjadi pada kandungan. Tapi, jika kalian memutuskan travelling di benua Australia, kalian tidak akan mendapatkan asuransi perlindungan kehamilan, dikarenakan tidak tersedianya asuransi untuk ibu hamil di negara tersebut. Untuk itu, pastikan betul asuransi kehamilan yang akan kalian buat pada saat travelling, tersedia juga di negara yang menjadi tempat travelling.

Maskapai penerbangan yang dipilih

Meski saat ini sudah banyak maskapai penerbangan yang memberikan perlakuan khusus kepada ibu hamil. Namun, tidak semua maskapai yang tidak memberikan perlakuan khusus. Maka dari itu, sebelum berlibur, pastikan maskapai yang dipilih memberikan perlakuan khusus kepada bagi ibu hamil. Dan, biasanya untuk berjaga-jaga, maskapai penerbangan akan meminta surat rekomendasi keamanan dari dokter yang memperbolehkan Anda berlibur menggunakan pesawat.

Makanan yang dimakan

Saat makan di restoran di tempat berlibur, pastikan pula apakah makanan tersebut aman buat kesehatan dan kehamilan Anda. Supaya kalian tidak salah dalam memilih makanan ini, sebaiknya mintalah nasehat kepada dokter maupun orang yang pernah hamil, untuk mengetahui makanan apa sajakah yang boleh dimakan.

Aktivitas yang dilakukan

Melakukan berbagai aktivitas yang menyenangkan saat travelling, memang akan memberikan kesan yang sangat bermakna pada kalian.Namun, pastikan aktivitas yang dilakukan tersebut aman untuk Anda dan kandungan. Jangan melakukan aktivitas berat yang bisa menganggu kandungan Anda.

Itulah beberapa hal yang harus Anda perhatikan  ketika travelling saat sedang hamil. Semoga bermanfaat ya! –SH/Raw–