Sebelum Anda membeli alat berat dari perusahaan yang jual alat berat, satu proses yang tidak boleh terlewati adalah melakukan test drive, terutama bila yang dibeli adalah alat berat yang bekas pakai atau second. Melakukan test drive ini wajib dilakukan untuk memastikan bahwa kondisi alat tersebut dalam kondisi yang prima untuk bisa melakukan kegiatan operasionalnya.

Bila Anda berniat untuk membeli alat berat bekas, maka berikut ini beberapa langkah test drive yang bisa membantu Anda, di antaranya:

Roda/Ban

Periksalah bagian roda atau ban kendaraan berat secara menyeluruh. Gunakanlah alat pengukur ban untuk memeriksa kedalaman tapak yang tersisa pada ban dan bandingkan dengan ukuran kedalaman ban yang baru (Anda bisa memeriksanya di website resmi alat berat tersebut). Dari sisa kedalaman ini Anda bisa memperkirakan berapa lama waktu yang tersisa hingga Anda harus mengganti ban tersebut. Periksa juga kemungkinan adanya kerusakan lain seperti sobekan, tonjolan, atau benda yang menancap di ban.

MesinĀ 

Test drive beli alat berat

Test drive beli alat berat

Periksalah mesin untuk memastikan apakah mesin tersebut masih memiliki umur yang cukup panjang sebelum harus dilakukan penggantian. Hidupkanlah mesin alat, kemudian gunakan stetoskop khusus mekanik untuk mendengarkan adanya suara yang aneh dari silinder mesin.

Hour Meter

Hour meter merupakan alat yang dipasang pada alat berat untuk mencatat jumlah waktu yang telah digunakan untuk melakukan pekerjaannya. Bila Anda menemukan bahwa alat ini tidak berfungsi dengan benar atau merasa tidak yakin dengan angka yang tertera, lakukan pengecekan pada pedal dari alat berat tersebut. Bila pedal terasa longgar, maka bisa berarti alat tersebut sudah digunakan dalam waktu yang lebih lama dibandingkan dengan yang tertera pada hour meter.

Hidrolik

Bila Anda merasakan adanya tekanan yang hilang pada saat mencoba, atau kesulitan saat mengendalikan dan bunyi-bunyian aneh yang seharusnya tidak ada, kerusakan bisa saja terjadi pada sistem hidrolik alat tersebut. Cara lain untuk memeriksa sistem hidrolik adalah dengan mengangkat bucket dan menahannya. Bila ternyata bucket tersebut jatuh atau tidak bisa bertahan pada posisinya maka ini bisa menjadi indikasi adanya kerusakan pada hidroliknya.

Semoga tips test drive saat membeli alat berat tadi bisa bermanfaat. (raw)