Lagi asik memainkan smartphone Indonesia milikmu, tiba-tiba ada peringatan bahwa baterai hampir habis. Hmm… Rasanya pasti sangat menyebalkan, Bukan? Apalagi, kalau kamu sedang berada dalam perjalanan. Jika sudah begini, terpaksa deh harus menggunakan powerbank untuk mengisi ulang baterai.

Nah, untuk kamu yang sering mengalami hal ini, coba deh melakukan beberapa cara berikut ini. Setidaknya, akan membantumu untuk menghemat baterai, sehingga kamu dapat menggunakan smartphone lebih lama tanpa perlu memanfaatkan powerbank. Bahkan mungkin, bateraimu dapat bertahan hingga kamu sampai ke tempat tujuan.

tips-hemat-baterai-smartphone

  • Kurangi kecerahan layar

Ada beberapa pengguna smartphone yang sangat senang menggunakan brightness atau kecerahan layar secara maksimal. Hal ini sangat tidak disarankan jika kamu ingin lebih menghemat baterai. Sebab, semakin tinggi tingkat brightness akan membutuhkan konsumsi baterai yang semakin tinggi pula.

  • Matikan aplikasi yang tidak digunakan

Ketika kamu sedang mendengarkan musik dalam perjalanan, maka cukup buka aplikasi music dan hapus aplikasi lain yang sedang berjalan (bukan uninstall ya). Semakin banyak aplikasi yang kamu buka secara bersamaan, maka akan lebih cepat menghabiskan baterai.

  • Matikan beberapa fitur

Ada beberapa fitur yang sebenarnya tidak selalu dimanfaatkan setiap waktu, namun tetap dalam posisi on. Misalnya saja, seperti fitur wi-fi, bluetooth dan gps. Sebaiknya, matikan seluruh fitur tersebut, dan hanya nyalakan saat kamu akan menggunakannya saja. Selain itu, jika kamu benar-benar butuh menghemat baterai, kamu juga bisa mematikan fitur getar dan auto rotate pada smartphone. Sebab, kedua fitur ini juga membutuhkan daya baterai yang cukup besar saat bekerja.

  • Matikan paket data

Jika selama perjalanan kamu tidak aktif memanfaatkan internet, maka ada baiknya jika paket data dimatikan. Misalnya, kamu lebih aktif untuk bermain game offline atau menonton film yang sudah kamu simpan sebelumnya. Maka, dengan mematikan paket data kamu akan benar-benar bisa menghemat baterai dan menggunakan smartphone-mu jauh lebih lama.

  • Hapus widget

Ada beberapa widget yang sangat tidak disarankan untuk diaktifkan bagi pengguna smartphone yang ingin menghemat baterai, misalnya seperti widget weather yang akan terus mengupdate kondisi cuaca dilokasi kita berada.

  • Gunakan wallpaper standar

Untuk kamu yang senang menggunakan wallpaper bergerak, sebaiknya nonaktifkan terlebih dahulu fitur ini dan gunakan wallpaper standar. Sebab, wallpaper bergerak ini akan dapat menguras baterai lebih cepat dibandingkan dengan standar.

Semoga tips menghemat baterai smatphone tadi bermanfaat dan bisa membantu, ya! (Vita)