Siapa yang tidak suka kosmetik? Bagi setiap perempuan, kosmetik atau alat rias sudah menjadi sahabat yang wajib dimiliki untuk penggunaan harian. Dengan banyaknya produk kosmetik yang diimpor dari luar negeri plus mudahnya penggunaan jasa pengiriman internasional, belanja kosmetik secara online kini tidak lagi terasa rumit. Kita bisa memilih brand yang kita suka dengan pilihan yang terbatas plus mengikuti tren yang sedang marak saat ini dengan pembelanjaan secara daring.

Belanja kosmetik online

Beli kosmetik online

Eits, agar tidak terjebak dalam pembelian yang tidak cerdas, yuk lakukan hal-hal di bawah ini sebelum membeli kosmetik secara online!

Benahi meja rias

Sebelum membeli, cobalah untuk membereskan meja rias kita yang sudah menumpuk. Hal ini adalah salah satu cara untuk ‘mengerem’ kebiasaan berbelanja tanpa berpikir. Ketika melihat sebuah merek lipstik di internet, kita biasanya begitu impulsif untuk membelinya. Padahal, tanpa sadar kita sudah memiliki warna yang sama dengan lipstik yang akan kita beli. Akibatnya, lipstik yang lama tidak akan terpakai dan menjadi sia-sia. Jadi, untuk mengurangi hal seperti itu, benahi dulu meja rias kita agar tidak mubazir. Sisi positifnya, meja kita menjadi lebih rapi, kan?

Cek keamanan produk

Agar tidak berbahaya untuk kulit wajah kita nantinya, teliti dulu deskripsi produk yang tercantum di website sebelum membeli. Apa saja bahan yang digunakan, apa efek sampingnya untuk kita, dan bebas bahan kimia berbahaya atau tidak merupakan pertanyaan yang wajib kita jawab sebelum menekan tombol purchase. Tidak perlu bingung jika kita masih awam dengan zat-zat kimia itu, cek saja di situs Environmental Working Group. Situs ini memuat ribuan produk kosmetik yang bebas dari bahan kimia berbahaya dan mana saja produk yang sebaiknya dihindari.

Parfum pada produk

Sebisa mungkin, hindari kosmetik yang mengandung parfum atau fragrance. Seringnya, kita terlena dengan kosmetik yang memiliki aroma khas alias mengandung parfum tertentu. Padahal, kandungan parfum ini bisa menimbulkan pemicu sel kanker serviks, ovarium, dan juga payudara karena senyawa fragrance ini mengandung bahan kimia ftalat yang mengganggu hormon.

Itu dia tiga hal yang sebaiknya dilakukan ketika berbelanja kosmetik secara online. Jangan lupa diterapkan, ya! (TR)