Solo travelling alias bepergian sendirian banyak dipilih oleh mereka yang ingin menikmati liburan tanpa harus repot berkompromi dengan orang lain selama perjalanan. Selain itu, solo travelling ini juga bisa menjadi sarana kita untuk lebih mengenal diri sendiri dan instropeksi. Pada awalnya, kegiatan ini lebih banyak dilakukan oleh pria mengingat faktor keselamatan selama bepergian yang kadang tidak bisa dijamin. Namun, saat ini makin banyak wanita yang juga melakukan solo travelling, tidak hanya di dalam negeri saja, namun juga hingga ke luar negeri.

Nah, buat kamu yang juga tertarik untuk melakukan perjalanan ini namun masih ragu karena ini merupakan perjalanan pertamamu, jangan khawatir. Berikut ini beberapa tips dalam melakukan solo travelling yang bisa membantu dan menjadi pegangan agar perjalananmu bisa lebih aman, di antaranya:

  • Hotel

Saat pertama kali melakukan check in di hotel atau penginapan, sapalah pekerja hotel dengan ramah dan mintalah informasi terkait dengan kota atau daerah yang akan kita jelajahi. Mulai dari atraksi turis, tempat makan, hingga daerah berbahayanya. Kita juga bisa bertanya mengenai kehajatan lokal yang harus dihindari. Memiliki informasi dari orang lokal akan jauh lebih akurat dibandingkan dengan hanya sekedar membacanya dari review atau blog travelling milik orang lain.

tips travelling solo wanita

tips travelling solo wanita

  • Transportasi

Sama saja ketika berada di Indonesia, selalu waspadalah saat berada di dalam alat transportasi. Jangan mudah percaya ketika ada orang yang memberitahukan jalan dan menyuruh kita untuk turun di tengah jalan. Akan lebih baik bila kita bertanya langsung dengan supir dan memintanya untuk memberitahukan kita ketika sampai di tujuan. Sementara itu, bila kita menggunakan kereta api di negara Eropa, berbeda dengan kereta api Indonesia dimana semua penumpang jadi satu dalam satu gerbong, maka di kereta ini kita akan dibagi-bagi dalam kompartemen. Nah, sebaiknya pilihlah kompartemen yang berisi keluarga dibandingkan dengan kompartemen kosong agar lebih aman.

  • Pakaian dan tas

Sebaiknya jangan gunakan pakaian serta perhiasan yang mencolok. Pilihlah juga sepatu dan tas yang tidak akan menyulitkan selama perjalanan. Hindari menggunakan tas jinjing, lebih baik gunakan tas backpack agar lebih aman. Bila perlu pakaialah tas pinggang yang disembunyikan dibalik pakaian untuk menyimpan passport dan uang cadangan kita.

  • Mingle

Mingle atau bersosialisasi dengan orang lokal bisa membuat pengalaman berlibur kita lebih kaya dan lengkap. Apalagi, ada banyak informasi menarik yang bisa kita dapatkan dari orang lokal tentang budaya mereka. Namun perlu diingat, tidak semua orang lokal itu memiliki hati yang baik. Di beberapa tempat senyuman seorang wanita kepada wanita bisa saja berarti berbeda. Karenanya, berhati-hatilah saat memilih lawan bicara, baik pria maupun wanita.

  • Pelajari bahasa lokal yang penting

Jangan lupa untuk mempelajari bahasa lokal yang penting dan berguna pada kegiatan sehari-hari dan saat penting, seperti “tolong” atau “permisi”.

Semoga bermanfaat dan selamat berlibur! (raw)