Ingin bercocok tanam di apartemen? Meski tidak memiliki halaman berumput asli yang luas, kita juga bisa menciptakan halaman mungil di balkon apartemen, lho. Salah satunya adalah dengan menggunakan rumput sintetis untuk menutupi lantai di balkon. Selain itu, agar tampak hijau, bisa juga menanam mini pot untuk digantung atau disusun di sana. Apa sih, mini pot itu?

Mini pot adalah sejenis tanaman mini yang ditanam dalam pot yang mini juga. Selain bentuknya yang mungil, ternyata media tanamnya juga ikut mini, lho. Cocok banget untuk ditaruh di balkon apartemen supaya terlihat semakin hijau!

Nah, apa saja ya yang harus dipersiapkan untuk membuat mini pot ini?

Tanaman mini pot

Tanaman mini pot

Pot

Siapkan pot yang berbentuk mungil dan memiliki permukaan yang luas. Biasanya, pot ini bisa dibeli di supermarket atau di toko tanaman terdekat. Material pembuatnya pun beraneka ragam, ada yang terbuat dari semen dan ada juga yang terbuat dari keramik. Namun demikian, seiring berjalannya waktu, ada pula yang terbuat dari plastik! Serunya, pot-pot ini memiliki aneka warna dan juga motif. Jadi bisa disesuaikan dengan tema balkon di apartemen yang ingin diangkat.

Media tanam

Supaya tanamannya bisa tumbuh, tentunya kita membutuhkan media tanam. Media tanam itu bisa berupa kompos atau membeli media tanam yang siap pakai. Bisa juga dibuat sendiri dengan mencampurkan tanah dan juga bekas bakaran sampah hijau. Nantinya, di bagian bawah pot jangan lupa untuk meletakan batu kerikil atau arang untuk memperlancar drainase.

Tanaman

Patut diingat, mini pot ini dinamakan mini karena ukurannya yang betul-betul mini. Oleh sebab itu, pemilihan tanamannya pun perlu dipikirkan matang-matang. Biasanya, tanaman yang sering digunakan adalah jenis sukulen (tanaman yang menyimpan banyak air) seperti agave, kaktus, dan lain sebagainya. Selain karena ukurannya yang mini, perawatannya pun cukup mudah serta perkembangannya yang lambat. Lagipula, tampilannya sangat cantik dan juga menarik 😀

Nah, itu dia bahan-bahan yang harus dipersiapkan kalau kalian ingin bercocok tanam di apartemen. Gimana, tertarik untuk mencoba menanam mini pot? Kalau malas, bisa juga membeli versi jadinya di toko tanaman. (TR)