Kondisi kesehatan sangat berpengaruh pada kondisi finansial seseorang. Bagaimana tidak, perawatan penyakit seperti konsultasi dokter hingga biaya rawat inap tentunya memerlukan biaya yang tidak sedikit. Apalagi jika penyakit yang diderita adalah salah satu dari dua tipe stroke, tentunya biaya yang dibutuhkan akan semakin tinggi. Karena itulah, banyak orang yang kemudian menggunakan asuransi kesehatan dan asuransi penyakit kritis untuk menjaga kondisi keuangannya tetap stabil ketika penyakit menjangkiti tubuh.  Berbagai cara pun dilakukan demi menjaga kesehatan tetap prima, misalnya saja dengan berolahraga secara rutin, menjaga asupan makanan, atau rajin mengonsumsi multivitamin. Namun, kadang banyak orang yang lupa akan 1 langkah penting dalam menjaga kesehatan tubuh ini, yaitu melakukan pemeriksaan kesehatan atau medical check-up rutin setiap tahun.

Pentingnya medical check-up

Pentingnya medical check-up

Ya, kebanyakan orang masih menganggap bahwa pemeriksaan kesehatan atau konsultasi dengan dokter hanya dilakukan ketika sedang sakit atau karena tuntutan tempat kerja saja. Padahal, idealnya medical check-up ini harusnya dilakukan sebanyak 2 kali setahun untuk mereka yang berusia di bawah 40 tahun, dan sekali setahun untuk mereka yang telah berusia di atas 40 tahun.  Para dokter pun sepakat mengatakan bahwa banyak manfaat kesehatan yang didapat dengan melakukan pengecekan kesehatan secara rutin ini. Tidak percaya? Berikut beberapa manfaat tersebut:

Mengindetifikasi penyakit kronis/keturunan

Penyakit kronis, keturunan atau yang berhubungan dengan genetik kadang tidak memiliki gejala awal yang jelas sehingga tidak terdeteksi hingga akhirnya terlambat. Pemeriksaan kesehatan secara rutin dapat membantu mendeteksi sekaligus melakukan penangan sejak dini untuk mengobatinya sebelum menyebar ke seluruh tubuh dan menjadi fatal.

Memperbarui data kesehatan terbaru

Data kesehatan yang tidak update bisa menjadi penghalang penangan medis bisa dilakukan dengan cepat. Saat kita melakukan pemeriksaan ke dokter atau rumah sakit, hal yang pertama di cek adalah data kesehatan terbaru. Gunanya untuk melakukan tindakan medis yang sesuai dengan kondisi tubuh kita, misalnya saja alergi atau penyakit terkakhir yang diderita.

Masukan tentang gaya hidup sehat dari dokter

Kadang , kita merasa sudah melakukan pola hidup sehat namun bisa jadi itu tidak cocok dengan kondisi tubuh kita. Karena itulah, penting sekali melakukan pemeriksaan kesehatan untuk mengetahui kondisi tubuh kita yang sebenarnya dan mendapatkan saran mengenai gaya hidup sehat yang tepat dari dokter.

Membangun hubungan yang baik dengan dokter

Memiliki hubungan yang baik dengan dokter bisa sangat membantu penangan kesehatan kita lebih baik. Karena dokter biasanya akan sudah hafal dengan kondisi tubuh  kita dan dapat memberikan penanganan serta saran yang tepat sesuai dengan keinginan dan kondisi tubuh kita.

Lalu, mulai usia berapakah sebaiknya kita melakukan medical check-up rutin ini? Sedini mungkin lebih baik. (Raw)