Lahir dengan bakat bermusik sejak kecil pastinya membuat kita juga ingin menurunkan bakat tersebut pada anak. Padahal bakat tidak bisa serta merta diturunkan begitu saja, meski peran genetik juga ambil bagian di sini. Perlu pembiasaan, pengenalan, dan juga pengarahan yang tepat agar anak bisa mengasah bakat bermusiknya. Hmm, bagaimana ya cara mengajarkan musik pada anak? Salah satu langkah awalnya adalah dengan mengajak si kecil mengunjungi toko alat musik untuk memilih alat musik pertamanya. Selanjutnya apalagi, ya?

Bakat musik anak

Bakat musik anak

  1. Perkenalkan anak dengan beragam genre Hal ini bisa juga dilakukan untuk membangun nuansa musik di rumah dengan memutar berbagai jenis musik setiap harinya. Hal ini penting, sebab musik tanpa sadar bisa memengaruhi alam bawah sadar anak. Mendengarkan sesuatu secara terus menerus akan membangun stimulus dan membantu perkembangan saraf sensoriknya. Nilai plusnya, anak juga akan merasa akrab dengan nada-nada dari berbagai genre.
  2. Memberi contoh. Anak-anak akan selalu mencontoh kebiasaan orangtuanya. Untuk itu, jika ingin menumbuhkan sebuah bakat pada anak, kita pun harus berani untuk terjun langsung dalam prosesnya. Jika ingin menumbuhkan bakat membaca, maka biasakanlah untuk membaca setiap hari. Jika ingin menumbuhkan bakat bermusik, maka ikutlah bermusik bersama anak setiap hari. Beri contoh pada anak dan mendampinginya agar ia merasa didukung.
  3. Biarkan anak memilih alat musik yang disukainya. Entah bass, gitar, piano, seruling, terompet, drum, atau apa pun itu, usahakan jangan menginterupsi pilihannya. Memberikan kebebasan pada anak untuk memilih akan membuatnya merasa bertanggung jawab dan mampu memainkan alat musik tersebut tanpa paksaan.
  4. Akomodasi segala kebutuhannya. Selain tiga hal di atas, menyediakan segala kebutuhan anak terkait minatnya juga penting. Mulai dari menyediakan tempat berlatih musik di rumah, mendaftarkan anak pada tempat kursus musik, memanggilkan tutor pribadi, atau bahkan membantunya mencari alat-alat yang dibutuhkan. Diharapkan dengan mengakomodasi kebutuhannya, anak akan menjadi semakin bersemangat dan kemampuannya meningkat drastis.

Nah, selamat bersenang-senang memperkenalkan musik pada anak Anda, ya! (Tr)