Siapapun yang tinggal di Jakarta pasti tidak asing lagi dengan nama Kuningan. Sebuah daerah komersil elit di Jakarta Selatan yang merupakan bagian dari Segitiga Emas Jakarta. Daerah Kuningan terkenal karena banyaknya modern luxurious apartment Kuningan, pusat-pusat bisnis, pusat kebudayaan, kantor-kantor kedutaan, dan pusat-pusat perbelanjaan di dalamnya.

Lokasinya yang sentral membuat daerah ini menjadi pilihan beberapa negara untuk membuka perwakilan diplomatis di Kuningan. Negara-negara seperti Malaysia, Belanda, Denmark, Rusia, dan beberapa negara sahabat Indonesia lainnya memiliki kedutaan besar di daerah Kuningan. Perwakilan dari Belanda juga memiliki pusat kebudayaan Belanda, Erasmus Huis, di Kuningan.

Daerah Kuningan

Daerah Kuningan

Untuk mereka yang senang belanja, Kuningan adalah salah satu surga belanja yang paling variatif di daerah Jakarta. Bagi yang ingin mencari barang-barang dengan harga yang relatif miring, ITC Kuningan dan Mal Ambasador di Jalan Prof. Dr. Satrio dapat menjadi pilihan. Untuk yang mencari tempat makan siang atau nonton film murah di sekitar Kuningan, Epicentrum, Setiabudi One, atau Kuningan City dapat menjadi alternatif yang menarik. Pasar Festival dan Plaza Semanggi juga dapat menjadi pilihan untuk makan dan berbelanja, terutama buku-buku lama.

Untuk fasilitas kesehatan, daerah Kuningan juga memiliki beberapa rumah sakit yang dapat melayani kebutuhan kesehatan warga sekitar. Rumah Sakit MMC yang terletak di sebelah Pasar Festival dan merupakan salah satu rumah sakit swasta pertama di Indonesia yang sudah berdiri dan melayani pasien selama 27 tahun, dan Rumah Sakit Mata AINI yang namanya sudah terkenal sebagai salah satu rumah sakit mata terbaik di Indonesia.

Tentunya, dengan fasilitas-fasilitas seperti ini dan kedekatannya dengan pusat-pusat bisnis penting di Jakarta, Kuningan menjadi tempat yang ingin ditempati banyak orang. Untuk memfasilitasi ini, para developer properti membangun apartemen-apartemen luxury di daerah Kuningan dan sekitarnya. Nama-nama seperti Verde dan Verde Two seringkali terdengar ketika kita berbicara tentang apartemen-apartemen di daerah Kuningan.

Dengan semua kelebihan-kelebihan yang telah disebutkan, tidak heran Kuningan menjadi salah satu daerah yang paling diminati untuk ditinggali atau dikunjungi penduduk Jakarta dan ekspatriat yang datang untuk bekerja di Indonesia. (Dana)