Memilih playgroup untuk anak ternyata sama pentingnya dengan memilih susu ibu hamil. Pasalnya, ada banyak hal yang harus dipertimbangkan karena pemilihan playgroup berhubungan tumbuh kembang anak. Lantas, apa saja sih yang harus dipikirkan saat hendak memilih playgroup untuk si kecil? Ini dia daftarnya:

Memilih playground

Memilih playground

  1. Cobalah untuk meminta trial class. Ini penting, sebab sebelum Ibu membayarkan sejumlah uang ke playgroup, Ibu sudah yakin bahwa tempat ini merupakan tempat yang tepat untuk si kecil. Beberapa sekolah memang menyediakan trial class yang bisa dicoba, sehingga Ibu bisa mencicipi bagaimana suasana kelas dan bagaimana metode yang digunakan selama beberapa hari. Saat periode trial inilah, Ibu bisa melihat bagaimana reaksi si kecil terhadap kelas tersebut.
  2. Guru berkualitas. Lakukan pengecekan pada guru yang mengajar di kelas tersebut. Lihat kepribadian pengajar, kualifikasi, dan pengalamannya dengan anak-anak. Ibu juga melihat bagaimana cara mereka berkomunikasi dengan anak saat sedang trial class. Akan lebih bagus lagi jika si kecil langsung menunjukkan ketertarikan pada guru saat masa percobaan.
  3. Ruangan luas. Hindari memilih kelas yang ruangannya kecil. Sebab, anak-anak sangat suka bergerak dan ruangan yang kecil akan membatasi ruang gerak mereka untuk bermain. Ruangan yang luas akan membuat anak bisa lebih nyaman dan bebas untuk bergerak ke mana saja yang ia suka dan risiko bertabrakan dengan anak lain pun bisa dihindari.
  4. Cari waktu yang sesuai. Jika Ibu merasa cocok dengan kelasnya, langkah berikutnya yang bisa dipertimbangkan adalah waktu kelasnya. Cari waktu yang sesuai dengan kebiasaan rutin anak. Jangan terlalu pagi, namun juga jangan terlalu siang karena dikhawatirkan si kecil akan mengantuk.
  5. Pastikan si kecil senang dengan playgroup-nya. Poin terakhir inilah yang lebih penting: pastikan si kecil senang dan juga bahagia dengan kelasnya. Ibu tentunya lebih tahu dengan apa aktivitas yang disukai anak, bagaimana raut wajahnya saat berada di ruang playgroup, dan apakah gaya belajar di sana cocok untuk anak.

Itu dia beberapa pertimbangan yang bisa Ibu pikirkan saat hendak mencari playgroup untuk anak. Semoga membantu ya, Bu!