Fakta bahwa mendengarkan musik saat kehamilan bisa membantu perkembangan otak anak sudah diketahui sejak lama. Nah, jika kita sudah menerapkan prinsip itu selama periode kehamilan yuk tetap lanjutkan kebiasaan itu ketika si buah hati sudah lahir! Apalagi ketika anak kita sudah memasuki golden period alias periode emas. Pada masa ini, kita bisa mengajarkan musik dengan memperdengarkan lagu-lagu berbahasa inggris pada anak. Sehingga, anak akan mulai mengenal musik sekaligus juga bisa menjadi sarana untuk belajar bahasa inggris anak usia dini.

Pastinya, banyak sekali manfaat yang bisa kita dapatkan dengan mengajarkan musik pada anak. Mulai dari membuat anak lebih fokus, meningkatkan kinerja otak, melatih kepekaan, dan pastinya melatih keahlian berbahasanya. Berikut ini penjelasan lebih lanjut mengenai manfaat bermusik pada anak:

manfaat-belajar-musik-bagi-anak

manfaat belajar musik bagi anak

  • Anak menjadi lebih fokus. Bermain musik membutuhkan konsentrasi dan kemampuan untuk fokus pada satu titik. Nah, ketika belajar bermusik, anak kita akan belajar memfokuskan pikirannya pada nada-nada dan hal tersebut akan membuat anak berlatih untuk konsentrasi. Di sisi lain, selain fokus bermusik juga bisa membuat anak kita lebih percaya diri karena kemampuan bermain musiknya.
  • Meningkatkan kinerja otak. Biarkan anak kita menghapal bagaimana cara memainkan not-not musik pada alat musik pilihannya. Di samping itu, anak kita juga akan menghapal lirik-lirik lagu yang ia suka sehingga ia bisa menyanyi sambil memainkan lagu tersebut. Bermain musik juga membuat anak melatih memorinya, dari memori jangka pendek hingga jangka panjang.
  • Melatih kepekaan. Bermusik bisa mengasah kepekaan seseorang terhadap nada-nada minor ataupun mayor. Anak kita lambat laun bisa mengenali nada-nada dan bisa membaca situasi karena kepekaannya mulai terasah.
  • Melatih keahlian berbahasa. Seperti yang disinggung sedikit di atas, kita bisa menjadikan bermusik sebagai sarana untuk mengajarkan keahlian berbahasa pada anak. Tidak hanya bahasa Indonesia saja yang bisa diajarkan, tetapi juga bahasa Inggris. Ajarkan lagu-lagu sederhana yang berbahasa Inggris pada anak sehingga anak kita akan belajar mengenai bahasa lain di luar bahasa ibunya.

Bagaimana, jadi tertarik untuk mengajarkan musik kepada anak sejak dini? Satu hal yang harus diingat adalah jangan memaksakan hal tersebut bila anak tidak mau. Jangan sampai pelajaran yang seharusnya menyenangkan malah jadi membebani anak, ya. (Tr)