Kapulaga merupakan salah satu jenis rempah-rempah yang biasanya digunakan untuk bumbu penyedap sebuah makanan terutama di India. Kapulaga sendiri mempunyai bentuk yang cukup unik, dimana berbentuk lonjong kecil mirip dengan telur yang bagian luarnya memiliki bulu halus. Selain dijadikan sebagai bumbu penyedap, siapa yang bisa mengira jika kapulaga yang semasa mudanya berwarna hijau ini memberikan banyak manfaat kepada tubuh seseorang. Apabila rutin mengonsumsi rempah jenis ini, maka kalian pun akan terhindar dari berbagai macam penyakit dan tidak terlalu membutuhkan tanggungan dari pihak asuransi jiwa di Indonesia.

manfaat kapulaga

manfaat kapulaga

Berikut ini beberapa manfaat yang diberikan oleh kapulaga untuk kesehatan tubuh manusia.

  1. Menyembuhkan batuk. Di dalam kapulaga sendiri tersimpan kandungan terponol, sineol, dan mintak atsiri yang memiliki kemampuan untuk menyembuhkan penyakit batuk baik yang kering maupun berdahak sekalipun. Oleh karena itu, jika kalian terserang batuk, alangkah baiknya konsumsilah kapulaga ini.
  2. Mengobati gusi yang sudah membengkak. Tersimpannya kandungan analgesik komplit di kapulaga, ternyata membuat kapulaga ini dapat dijadikan sebagai bahan untuk mengobati gusi yang sudah membengkak. Sehingga, apabila kalian tidak ingin berlama-lama terserang gusi bengkak, sebaiknya gunakanlah kapulaga yang sangat berkhasiat ini.
  3. Menyehatkan kulit. Selain mampu menyembuhkan batuk dan mengobati gusi yang membengkak, kapulaga ini pun dapat pula difungsikan untuk menyegatkan kulit tubuh manusia dikarenakan di dalam kapulaga ini menyimpan kandungan antioksidan yang cocok untuk menangkal berbagai radikal bebas yang menempel pada kulit.
  4. Melancarkan sirkulasi darah dalam tubuh. Kandungan minyak atsiri yang ada di dalam kapulaga berfungsi untuk melancarkan sekaligus meningkatkan sirkulasi darah di dalam tubuh. Untuk itu, apabila kalian rutin mengonsumsi kapulaga ini, maka dapat dipastikan sirkulasi darah dalam tubuh pun akan semakin lancar, stabil, sekaligus tetap sehat.
  5. Meredakan nyeri. Berkat adanya sifat anti peradangan yang terdapat di kapulaga ini, membuat rempah yang berbentuk unik ini dapat meredakan nyeri yang berlebihan pada tubuh. Maka dari itu, ketika kalian terkena luka maupun penyakit lainnya, segeralah diredakan dengan kapulaga ini.

Nah, itulah sedikit manfaat yang diberikan oleh kapulaga ini. Semoga bermanfaat! –SH–