Meski tak boleh dikonsumsi secara berlebihan, ternyata garam juga menyimpan manfaat untuk tubuh kita lho. Garam ini jika dilarutkan dalam air dan diminum satu hari sekali, bisa mendatangkan banyak manfaat untuk tubuh kita. Tidak perlu banyak-banyak, yang penting cukup. Bahkan beberapa suplemen untuk kesehatan tubuh juga menambahkan sedikit garam di dalamnya. Lantas, apa saja keuntungan air garam untuk kesehatan kita? Berikut beberapa di antaranya:

manfaat air garam

manfaat air garam

  1. Tidur lebih nyenyak. Mineral yang terkandung di dalam garam bisa mengurangi hormon stres dan membuat saraf kita lebih rileks, lho. Stres biasanya hadir dari produksi hormon adrenalin dan kortisol berlebih. Kondisi inilah yang kemudian membuat tidur kita menjadi tidak nyenyak. Dengan meminum larutan garam, tidur pun bisa lebih nyenyak.
  2. Membantu sistem pencernaan. Garam bisa membantu memberikan stimulasi produksi asam klorida dan enzim yang bermanfaat untuk mengurai makanan. Asam dan klorida ini juga membantu usus untuk membantu mengolah makanan.
  3. Detoksifikasi tubuh. Air garam juga memiliki kemampuan anti bakteri. Larutan ini bisa mengurangi racun dan bakteri berbahaya. Ketika kita meminum larutan garam, organ bagian dalam kita bisa terlindungi.
  4. Menjaga nafsu makan. Saat kandungan garam di tubuh banyak (dalam artian cukup dan tidak berlebih), rasa ingin makan pun akan berkurang. Oleh sebab itu, jika kita mengonsumsi segelas air garam, maka hal tersebut bisa membantu menjaga nafsu makan kita.
  1. Memperbaiki kondisi kulit. Seng, kromium, belerang, dan juga yodium yang terdapat pada garam berfungsi untuk menjaga kesehatan kulit. Seng mampu mempercepat penyembuhan luka dan menjaga kelenjar minyak, kromium mampu mengurangi kekeringan kulit kepala, sulfur berfungsi untuk membersihkan eksim, dan yodium mampu membantu suplai oksigen dan meningkatkan metabolisme kulit.
  2. Menjaga keseimbangan elektrolit. Air garam bisa menjaga konsentrasi elektrolit dalam tubuh. Mengapa hal ini penting? Ternyata, terlalu banyak mengonsumsi air bisa membuat bagian luar sel encer, sehingga mengakibatkan stres dan pelepasan adrenalin dalam tubuh. Air garam membantu untuk menyeimbangkannya.

Jika kalian ingin memulai minum air garam, sebaiknya cari tahu dulu seberapa banyak kandungan garam yang diperbolehkan untuk dikonsumsi. Hindari juga mengonsumsinya terlalu banyak karena bisa berbahaya. Semoga membantu! (TR)