Ketika usia sudah memasuki kepala empat, seringnya Anda sudah mulai khawatir dengan kesehatan tubuh. Tidak jarang, banyak keluhan-keluhan seputar kesehatan yang baru muncul disaat Anda sudah tidak lagi muda. Mulai dari diabetes, kolesterol, mudah lelah, dan lain sebagainya. Hal ini sebenarnya wajar karena apa yang Anda alami dialami juga oleh orang lainnya di usia yang sama. Terlebih lagi untuk Anda yang menderita diabetes. Tidak perlu takut atau khawatir sebab hampir sebagian besar manusia yang berada di dalam periode umur tersebut juga mengalami diagnosis yang sama dengan Anda. Keluhan-keluhan tersebut bisa diminimalisir dengan mulai menerapkan gaya hidup sehat dan juga memberikan jaminan proteksi diri dengan mendaftar asuransi jiwa.

Makanan untuk diabetes

Makanan diabetes

Nah, untuk Anda yang tengah menderita diabetes, berikut ini adalah tanpa Anda menguranginya:

  1. Kacang-kacangan. Kacang telah lama dikenal sebagai sumber makanan yang mengandung banyak manfaat untuk tubuh. Kacang mengandung sumber protein yang tinggi, kaya akan serat, dan mengandung banyak mineral seperti kalium dan magnesium. Ditambah lagi, ada beberapa jenis kacang-kacangan yang rendah kalori sehingga aman dikonsumsi, loh!
  2. Biji-bijian. Selain makanan dengan jenis kacang-kacangan, penderita diabetes juga disarankan untuk mengonsumsi makanan berupa biji-bijian, seperti gandum dan barley karena mengandung Omega-3, folat, magnesium, kalium, dan kronium.
  3. Tomat. Jenis sayuran yang mudah untuk dikreasikan menjadi berbagai menu masakan ini merupakan sumber zat besi terbaik. Tahukah Anda bahwa sebuah tomat mengandung banyak nutrisi zat besi dan berbagai vitamin seperti vitamin C, E, dan K? Ya, ternyata sebuah tomat memiliki nutrisi besar yang luar biasa.
  4. Jamur. Jamur memiliki kemampuan untuk menurunkan tingkat kolesterol yang ada di dalam tubuh dan tidak mengandung gula sama sekali. Di dalam sebutir jamur, Anda bisa menemukan kandungan nutrisi seperti vitamin D, mineral, dan lain sebagainya. Jamur juga bebas lemak sehingga aman dikonsumsi.
  5. Sayur yang memiliki daun berwarna gelap. Untuk mengurangi produksi insulin, sayur berdaun gelap memiliki kandungan serat dan kalium yang bisa membantu proses pengurangannya. Di sisi lain, sayur dengan daun berwarna gelap juga memiliki kandungan kalori rendah dan menjadi sumber zat besi yang mumpuni. (Tr)