Apa sih daun katuk? Mungkin, ketika pertama kali mendengar daun katuk, maka kata pertama yang terlintas di benak Anda pasti pertanyaan itu, bukan? Daun katuk atau dalam bahasa ilmiah disebut dengan Sauropus Androgynus merupakan salah satu daun yang biasanya banyak ditemukan di pedesaan, dan menyimpan kandungan fosfor, protein, vitamin A, kalsium, lemak, vitamin B, vitamin C, dan sebagainya. Kandungan inilah yang memberikan banyak khasiat untuk kesehatan tubuh. Dan yang paling terkenal mengonsumsi daun katuk untuk ibu menyusui dapat membantu memperlancar ASI.

Manfaat Daun Katuk

Lantas, apa sajakah khasiat dari daun katuk ini untuk kesehatan tubuh? Adapun diantaranya adalah sebagai berikut ini, check it dot:

  1. Menjaga mata tetap sehat. Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, daun katuk memiliki kandungan vitamin A. Tingginya kandungan vitamin A yang tersimpan di dalam daun katuk ini, ternyata berkhasiat untuk menjaga mata agar terjaga kesehatannya. Bahkan, rutin mengonsumsi daun katuk ini, dapat mencegah munculnya gangguan pada mata yang disebabkan oleh bakteri maupun kuman yang masuk ke mata.
  2. Mengatasi tulang keropos. Pengeroposan tulang memang acapkali terjadi ketika sudah memasuki usia senja. Namun, jangan takut dengan kondisi ini, sebab dengan rutin mengonsumsi daun katuk maka tulang keropos pun bisa diatasi. Hal ini karena di dalam daun katuk terkandung senyawa kalsium sebesar 2,8 % sehingga mampu menjaga kekuatan tulang.
  3. Melancarkan metabolisme dalam tubuh. Di dalam daun katuk pun mengandung protein yang cukup tinggi, dimana kandungan ini memiliki peran untuk memperlancar metabolisme di dalam tubuh. Untuk itu, sangat disarankan apabila Anda konsumsi rutin setiap hari.
  4. Mencerahkan kulit wajah. Memiliki kandungan vitamin C yang sangat tinggi, maka daun katuk bisa dimanfaatkan untuk menyehatkan kulit wajah. Terbukti kandungan dari vitamin C yang terdapat di dalam daun katuk ini mampu menghaluskan sekaligus mencerahkan kulit wajah yang kusam. So, masih gak mau menggunakan daun katuk ini?

Selain itu, daun katuk juga memiliki manfaat lain seperti meningkatkan kualitas sperma pria, mampu menjaga daya tahan tubuh, melancarkan sistem pencernaan, memperlancar ASI pada ibu menyusui, menyembuhkan flu, meningkatkan vitalitas pria tanpa menggunakan obat, dan sebagainya. Semoga bermanfaat! –SH–