The World Health Organization (WHO) telah menetapkan bahwa penyakit jantung merupakan pembunuh nomor satu di dunia. Jantung merupakan organ tubuh yang penting untuk memompakan darah ke seluruh tubuh. Ketika jantung sudah tidak bisa berfungsi secara normal, maka risiko kematian sudah mengancam individu tersebut. Para dokter spesialis jantung mulai memetakan gejala-gejala penyakit jantung agar kita bisa dapat menyadarinya sejak awal. Gejala-gejala tersebut mungkin sangat general dan bisa dikategorikan untuk gejala penyakit lain. Namun, beberapa gejala di bawah ini sebaiknya diwaspadai karena bisa mengarah pada gejala awal serangan jantung.

gejala awal serangan jantung

gejala awal serangan jantung

  1. Sesak napas. Patut diketahui, paru-paru dan jantung saling bekerja sama untuk menopang keberlangsungan hidup Anda. Salah satu ciri yang paling mudah dikenali oleh penderita penyakit jantung adalah sesak napas. Anda mungkin akan merasakan sesak di dada Anda dan sulit untuk menarik napas. Kondisi ini menunjukkan bahwa paru-paru Anda tidak mendapatkan asupan oksigen seperti biasa karena kekurangan pasokan darah. Seperti yang sudah diketahui, jantung merupakan organ yang memompakan darah ke seluruh tubuh. Ketika pembuluh darah menghambat pendistribusian darah, hal ini bisa menyebabkan tidak teraturnya denyut jantung dan juga penebalan pada otot jantung. Jika Anda merasa kesulitan untuk bernapas, segera konsultasikan masalah ini kepada dokter.
  2. Kelelahan. Pernahkah Anda merasakan lelah luar biasa dan mengantuk secara terus menerus? Bisa saja ini merupakan pertanda penyakit jantung. Saat arteri mulai menyempit, jantung kita akan kekurangan banyak darah. Oleh sebab itu, jantung kita akan bekerja jauh lebih keras dari biasanya dan menyebabkan tubuh kita menjadi mudah lelah.
  3. Dada merasa terhimpit. Setelah merasakan sesak napas, Anda akan merasakan perubahan di bagian dada seolah ada sesuatu yang menekan dada Anda.
  4. Pusing dan keringat dingin. Orang yang menderita penyakit jantung biasanya mudah berkeringat. Meski tidak melakukan apa pun, biasanya keringat akan mengucur dengan derasnya.
  5. Bengkak di beberapa bagian tubuh. Jika kita menemukan bengkak di bagian perut atau pergelangan kaki, sebaiknya mulai berhati-hati. Sebab lemah jantung bisa membuat beberapa bagian tertentu di tubuh kita membengkak karena penumpukan cairan.

Bila kita menemukan beberapa  seperti di atas terjadi pada tubuh kita sendiri atau orang terdekat kita, maka sebaiknya segeralah melakukan pemeriksaan kepada dokter ahli. Sehingga bisa membantu mencegah resiko yang lebih besar. (Tr)