Seorang wanita yang tengah merasakan kehamilan pertamanya tentu memiliki kekhawatiran-kekhawatiran sendiri mengenai kesehatan dirinya dan anak yang dikandung. Hal ini sering terjadi pada masa hamil muda, karena para ibu tersebut masih merasakan pengalaman yang baru dan belum banyak mengerti mengenai apa yang harus dilakukan selama masa kehamilan. Pada tahap awal ini, janin berada dalam kondisi yang paling rapuh dan memiliki risiko keguguran yang cukup besar. Menurut studi, persentase keguguran di awal kehamilan sangat tinggi, yaitu sekitar 40%. Beberapa keguguran ini berhubungan dengan abnormalitas dan penyakit lain seperti leukemia, faktor hormonal, dan lain sebagainya.

kehawatiran-selama-hamil-muda

kehawatiran-selama-hamil-muda

Untuk membantu mengurangi kecemasan calon ibu yang sedang hamil muda, ada beberapa tips yang dapat diikuti.

  • Konsumsi makanan dan asupan nutrisi yang tepat sangat penting untuk perkembangan dan kelangsungan hidup janin. Dengan menjaga asupan vitamin, janin akan tumbuh sehat. Sementara, zat besi akan mencegah kelahiran prematur atau abortus pada janin. Asupan nutrisi juga sangat penting untuk perkembangan bayi ke depannya, dan ibu harus memperhatikan makanan sejak awal kehamilan.
  • Hindari rokok dan konsumsi obat-obatan. Ketika calon ibu erokok, maka janin dalam kandungan akan menjadi perokok pasif, dan kondisi ini akan berdampak sangat buruk pada bayi. Zat-zat kimia di dalam obat juga dapat berdampak negatif pada pertumbuhan janin.
  • Keseimbangan antara aktivitas dan istirahat juga harus diperhatikan, karena terlalu lama tidur akan membuat badan tidak nyaman. Disarankan untuk ibu dapat beraktivitas ringan agar badan tetap bergerak.
  • Emosi juga sebaiknya dijaga selama kehamilan, karena ketidakstabilan hormon dapat mempengaruhi janin di kandungan.
  • Biasakanlah konsultasi dengan dokter kandungan untuk mengecek progress kehamilan dan laporkan keluhan-keluhan selama kehamilan agar dapat langsung ditangani oleh dokter.
  • Kepada keluarga si ibu hamil juga dianjurkan dapat memberikan support jika ibu membutuhkannya, terutama suami yang sebaiknya senantiasa memberikan dukungan dan perhatian kepada istri.

Kehamilan bukanlah sesuatu yang harus ditakuti, tetapi adalah suatu hal yang sangat indah dan sepatutnya disambut dengan kebahagiaan. Dengan tips-tips ini, diharapkan pada ibu baru tidak perlu merasa khawatir selama masa kehamilan si buah hati dan dapat menyesuaikan diri untuk sembilan bulan ke depannya. (Dana)