Pernah dengar istilah “rumput tetangga selalu lebih hijau dibandingkan rumput sendiri”? Nah, mungkin tetangga tersebut menggunakan rumput sintentis! Okey, joke asides, rumput buatan atau sintentis ini merupakan jenis pengganti rumput asli yang terbuat dari plastik, dengan bentuk dan warna yang sama persis seperti rumput asli. Rumput buatan ini banyak dimanfaatkan sebagai pengganti rumput asli di lapangan sepak bola atau lapangan olahraga lainnya.

Populernya rumput sintetis sebagai pengganti rumput asli di lapangan olahraga tidak lain karena pemasangan, serta perawatannya yang dianggap lebih mudah dibandingkan dengan rumput asli. Selain itu, rumput buatan juga lebih tahan lama dan tidak mudah rusak saat digunakan untuk berolahraga. Beda dengan rumput asli yang biasanya akan terlihat “membotak” karena tercungkil sepatu-sepatu para pemain sepak bola. Belum lagi warna rumput juga bisa berubah menjadi menguning karena perawatan yang tidak benar. Sementara rumput buatan, warna dan bentuk akan selalu sama dalam jangka waktu yang lebih lama.

rumput-sintetis

rumput-sintetis

Nah, selain digunakan di lapangan olahraga, rumput buatan ini juga sudah mulai banyak digunakan di perkantoran dan rumah. Untuk rumah, rumput buatan biasanya digunakan untuk menutupi halaman rumah sehingga terlihat hijau dan asri, tanpa perlu perawatan yang rumit, sekaligus hemat air. Sementara pada kantor, rumput ini biasa digunakan untuk mendapatkan suasana alam di dalam ruangan kantor. Hal tersebut tentu saja sulit dilakukan bila menggunakan rumput asli yang harus menggunakan air dan pupuk dalam perawatannya sehingga bisa menyebabkan ruangan kantor menjadi lembab.

Anda Butuh Rumput Sintetis

Meski sudah banyak yang menggunakan rumput sintetis, namun tidak sedikit juga orang yang masih ragu untuk mulai mengganti rumput asli di halaman rumahnya dengan rumput buatan. Nah, bila Anda juga mulai tertarik dengan rumput sintetis namun masih merasa ragu, berikut beberapa hal yang bisa dipertimbangkan.

Mulai gunakan rumput sintetis bila/untuk:

  • Taman di rooftop atau balkon yang tidak akan kuat menahan beban bila menggunakan rumput asli.
  • Area yang tidak memungkinkan ditumbuhkan rumput asli, misalnya tanah yang terlalu kering dan tidak terkena sinar matahari yang cukup.
  • Area bermain anak atau hewan piaraan di dalam rumah.
  • Anda ingin memiliki taman yang tetap hijau tanpa perawatan yang sulit serta ingin menghemat penggunaan air.
  • Anda termasuk orang yang sibuk atau memiliki banyak kegiatan sehingga tidak mungkin untuk mengurus rumput untuk taman Anda. (raw)