Berwisata adalah kegiatan yang dibutuhkan oleh hampir setiap orang. Apalagi, dikondisi saat ini yang setiap harinya selalu dipadati dengan berbagai aktivitas. Bisa bersantai sendiri ataupun bersama kerabat di tempat wisata tentu menjadi hal yang sangat dinantikan. Terlebih lagi, banyak bisnis pariwisata Indonesia yang membuka open trip dengan harga terjangkau ke berbagai tempat wisata.

Yap, open trip saat ini memang menjadi kegiatan yang disukai masyarakat. Alasannya, karena biasanya harga yang ditawarkan cenderung lebih murah dan juga tanpa minimum peserta. Maksudnya, kamu bisa mendaftar untuk dirimu sendiri, namun nantinya kamu akan berwisata bersama dengan peserta lainnya.

Open Trip

Meskipun begitu, ternyata masih banyak juga orang yang lebih senang solo travelling. Alasannya, tentu saja beragam. Nah, untuk kamu yang sekarang sedang bingung memutuskan, kita langsung memandingkan saja kedua hal ini. Jadi, bisa menjadi pertimbanganmu untuk memutuskan akan memilih yang mana.

  • Biaya

Jika kamu memilih open trip, maka biaya yang akan kamu keluarkan lebih jelas. Penginapan, transportasi, dan berbagai hal lainnya sudah termasuk ke dalam paket, jadi kamu tinggal memilih open trip yang sesuai dengan budgetmu. Sisanya, kamu hanya perlu menyiapkan uang untuk berjaga-jaga, misalnya untuk keperluan membeli oleh-oleh, snack, atau keperluan lainnya.

Sementara itu, jika kamu memilih solo travelling maka semua harus kamu urus sendiri. Bisa jadi biaya yang kamu keluarkan lebih murah dari open trip, namun bisa jadi justru lebih mahal.

Solo Travelling

  • Tempat wisata

Travel yang mengurus open trip akan menentukan tempat wisata apa saja yang akan dikunjungi. Kamu tidak punya hak untuk menolak ataupun merubahnya. Termasuk juga jadwal untuk mengunjungi satu tempat wisata. Jika sudah waktunya untuk pindah, meskipun kamu sebenarnya masih suka di sana, tetap saja kamu harus mengikuti jadwal yang sudah ditetapkan.

Sementara itu, solo traveller bebas menentukan tempat wisata apa saja yang akan dikunjungi. Kamu juga bebas mau berlama-lama di satu tempat wisata atau hanya ingin sebentar saja mengunjungi tempat wisata tersebut.

  • Kemudahan

Jika kamu adalah orang yang ingin praktid, maka sudah jelas mengikuti open trip akan cocok untukmu. Sebab semua hal sudah diatur oleh travel. Berbeda dengan solo traveller yang harus mengurus semuanya sendiri.

Jadi, mana yang menjadi pilihanmu? Open trip atau solo travelling! (Vita)