Belum lama ini, produser terbaik asal Amerika Serikat baru saja merilis sebuah film live action yang diangkat langsung dari sebuah kartun dengan judul sama, Beauty and the Beast. Meski menyuguhkan film dengan tampilan yang sangat memukau para penonton, namun siapa yang bisa menyangka ternyata di dalam film yang diperankan oleh Dan Stevens dan Emma Watson ini tersimpan fakta menarik yang mungkin saja banyak diantara kalian semua belum mengetahuinya. Fakta menarik yang muncul di dalam film ini pun, dianggap sebagai cerminan dari masyarakat Prancis di abad 18 yang hidupnya hampir mirip dengan film yang sangat fenomenal ini.

Lalu, fakta menarik apa sajakah yang tersimpan di dalam film Beauty and the Beast yang begitu fenomenal ini? Berikut ini beberapa fakta menariknya. Mari, disimak!

  • Make up yang mematikan

Di salah satu adegan di dalam film Beauty and the Beast ini, kalian mungkin pernah melihat bahwasanya di sebuah pesta pangeran membawa banyak hulubalang yang mengawal dirinya. Namun, yang paling mengelitik, para hulubalang yang menjadi pengawalnya ini pun memakai bedak tebal sekaligus menggunakan sebuah wig. Menariknya, tampilan yang seperti ini terjadi pula pada pria yang ada di negara Prancis pada abad 18.

Film Beauty and the Beast

Di abad ini, para pria Prancis selalu merias wajahnya dengan bedak tebal dan menggunakan wig. Tidak hanya pria, wanita yang hidup di negara ini pun dulunya kerap memakai bedak yang cukup tebal dengan riasan yang begitu mencolok mata. Akan tetapi, sayangnya bedak yang digunakan oleh para pria dan wanita di Prancis ini terbuat dari Timbal, dimana zat ini sangat berbahaya apabila digunakan untuk tubuh manusia. Sehingga, tidak mengherankan jika banyak yang keracunan akan zat ini. Dan, tidak sedikit pula dari mereka yang meninggal dunia akibat keracunan Timbal.

  • Rumah sakit jiwa yang sungguh mengerikan

Di penghujung adegan di film yang sungguh memesona ini, seorang pria narsis bernama Gaston mengancam akan memasukkan ayah Belle ke rumah sakit jiwa yang sungguh luar biasa mengerikan. Dan, siapa yang bisa menebak, kejadian yang seperti ini juga terjadi di negara Prancis pada abad ke 18. Lantaran, tidak adanya masyarakat yang mengerti akan penyakit jiwa ini, membuat banyak penderita yang kekurangan mental ini dipasung di dalam rumah sakit dan mendapatkan perlakuan yang benar-benar tidak manusiawi. Tidak hanya penderita sakit jiwa, namun para perempuan yang bertentangan dengan norma pun acapkali dimasukkan ke dalam rumah sakit jiwa ini.

  • Tersebarnya Black Plague atau wabah hitam

Di dalam film ini, terdapat pula sebuah adegan yang memperlihatkan kehidupan masa lalu keluarga Belle yakni kematian ibunya yang sangat menggelitik. Di adegan ini, diperlihatkan sebuah topeng yang berbentuk menyerupai paruh burung, yang memungkinkan jika ibu Belle meninggal diakibatkan oleh wabah hitam atau dikenal dengan nama Black Plague, dikarenakan dahulunya dokter yang mengobati penyakit ini memakai topeng menyerupai paruh burung ini. Dan, penyakit ini pun ternyata menyebar di warga Prancis dan bagian lainnya di negara Eropa. Dengan mewabahnya penyakit yang mematikan ini, membuat banyak masyarakat Eropa yang meninggal dunia.

Bagaimana? Apakah kalian sudah mengetahui akan fakta di film Beauty and the Beast ini? –SH