Bagi yang menggunakan mobile banking di smartphone Indonesia miliknya, pasti sering melihat adanya pilihan virtual account pada menu m-transfer. Atau, kamu yang sering belanja online di marketplace juga pastinya tidak asing dengan istilah ini. Sebab, banyak sekali marketplace di Indonesia yang sudah memanfaatkan sistem pembayaran ke virtual account untuk mempermudah proses verifikasi pembayaran dari konsumen.

Namun, mungkin masih banyak dari kamu yang masih belum paham mengenai virtual account ini, dan apa perbedaannya dengan transfer ke rekening biasa. Nah, supaya kamu tidak merasa bingung lagi, berikut ini adalah pembahasannya:

transfer uang atm

transfer uang atm

  • Transfer biasa

Pada saat kamu melakukan transfer biasa, maka sang penerima dana hanya akan mendapatkan informasi bahwa dia baru saja menerima transferan dana dengan nominal tertentu. Jika sang pengirim dana mentransfer dari bank yang sama, maka hal ini bukan masalah karena nama pengirim akan dapat terlihat. Namun, jika pengirim dana mentransfer dari bank berbeda memanfaatkan jaringan ATM bersama, maka akan sulit untuk ditelusuri siapa pengirim dananya. Itulah sebabnya, beberapa e-commerce ataupun marketplace yang menawarkan pembayaran dengan sistem ini menambahkan kode pembayaran pada nominal transfer, dan meminta pengirim dana untuk melakukan konfirmasi pembayaran dengan mengisi informasi lengkap seperti nama pemilik rekening, bank pengirim dana, nomor rekening pengirim dana, nominal yang ditransfer dan bukti transfernya. Hal ini bertujuan, untuk mempermudah pihak e-commerce ataupun marketplace untuk melakukan verifikasi atas transaksi ini.

  • Virtual Account

Virtual account ini merupakan sebuah nomor rekening khusus yang diberikan oleh Bank BCA untuk tujuan pembayaran, sebagai pengganti nomor rekening. Nomor virtual ini akan selalu berbeda pada setiap transaksi, kecuali untuk transaksi tertentu, seperti pengisian go-pay yang memiliki kode khusus yaitu kode perusahaan gojek+nomor ponsel yang terdaftar pada gojek. Sementara, untuk pembayaran e-commerce ataupun marketplace seringkali nomor ini bersifat uniq. Hal ini, bertujuan untuk mempermudah sistem pada e-commerce atau marketplace untuk melakukan verifikasi pembayaran dari konsumen. Dengan kode yang uniq, sistem hanya perlu membaca apakah nomor virtual tertentu sudah dibayar ataukah belum. Hal inilah yang menyebabkan pembayaran dengan sistem ini tidak memerlukan konfirmasi pembayaran yang harus dilakukan oleh konsumen.

Bagaimana, sudah tidak bingung lagi, kan, mengenai perbedaan antara transfer uang biasa dengan virtual account? (Vita)