Meskipun sedang hamil, sebagai wanita, kita pastinya tetap ingin tampil menarik dan menggunakan pakaian yang modis. Hal ini jelaslah tidak sulit, karena banyak forum ibu hamil yang saling berbagi informasi di mana mereka bisa membeli pakaian yang hamil yang menarik dan modis. Bahkan, banyak juga toko online yang ikut mempromosikan pakaian dagangan mereka dalam forum tersebut. Sehingga memudahkan para ibu hamil untuk mendapatkan pakaian yang sesuai dengan selera mereka.

Namun, banyak dari toko baju maupun ibu hamil yang tidak begitu memperhatikan aturan berpakaian saat sedang hamil, misalnya saja seperti menggunakan pakaian ketat saat hamil. Padahal penggunaan pakaian ketat pada saat hamil ini sangatlah beresiko bagi perkembangan janin, sehingga sangat tidak di sarankan. Namun sayangnya, saat ini mulai banyak sekali ibu hamil yang justru merasa bangga menunjukkan perut buncitnya saat sedang mengandung dengan menggunakan pakaian ketat.

baju ibu hamil yang baik

baju ibu hamil yang baik

Pakaian terlalu ketat yang digunakan oleh ibu saat mengandung ini, bisa menghambat aliran darah dalam tubuh. Sirkulasi darah dalam tubuh yang terhambat bisa menyebabkan tubuh mengalami kesemutan dan rasa sakit jika dibiarkan terus menerus. Selain itu, jika bahan yang digunakan cukup panas dan tidak dapat menyerap keringat, maka bisa menyebabkan gatal-gatal atau jamur pada kulit.

Namun bukan berarti para ibu hamil tidak bisa mengenakan pakaian yang pas di badan sama dan hanya menggunakan pakaian longgar-longgar saja. Pakaian ketat yang harus dihindari adalah pakaian yang membuat ibu merasa tidak nyaman saat digunakan. Baik karena terlalu ketat sehingga sulit bergerak atau sulit bernafas, atau bahan pakaian itu sendiri yang membuat terasa kurang nyaman digunakan (terlalu tebal, panas,  atau terlalu kaku).

Jika seorang ibu hamil menggunakan pakaian pas badan yang berbahan lembut dan terasa nyaman untuk digunakan, ini adalah hal yang boleh-boleh saja dilakukan. Karena pada dasarnya, sebelum pakaian ini memberikan efek negatif bagi janin yang ada dalam kandungan, ibu akan lebih dulu merasakan efek negatifnya. Jadi, gunakanlah pakaian yang modis namun nyaman digunakan, agar perkembangan janin tidak terganggu, dan ibu juga bebas bergerak. (Yv)