Bisnis pariwisata Indonesia tengah berkembang pesat. Hampir seluruh pelosok Indonesia telah dieksplorasi oleh para turis demi mencicipi eksotisisme khas Indonesia. Namun demikian, ada satu hal yang terlewat: ibukota. Bagi kamu yang tak punya dana berlebih, namun ingin berjalan-jalan, mengapa tak coba liburan di Jakarta. Banyak hal gratis lho yang bisa dilakukan, salah satunya adalah beberapa hal di bawah ini:

Jalan-jalan gratis Bus City Tour Jakarta

Jalan-jalan gratis naik Bus City Tour Jakarta (cr: areaJakarta.com)

  1. Mengunjungi taman.

Meski didominasi dengan gedung-gedung tinggi, tanpa dinyana Jakarta juga memiliki secret garden berupa taman-taman hijau di tengah kota lho. Menariknya, taman ini gratis dan bisa kamu kunjungi kapan saja kamu mau. Salah satu taman yang sangat direkomendasikan adalah Taman Suropati, sebuah taman yang berada di kawasan Menteng, Jakarta Pusat. Di sini, kamu bisa bersantai sambil menikmati rindangnya pohon-pohon di sana, menyicipi makanan khas yang tersedia, bahkan mendengar alunan musik yang kadang terputar di akhir pekan. Psst, Taman Suropati juga sering dijadikan tempat pegelaran seni dan diskusi sastra lho di akhir pekan.

  1. Mengunjungi Pasar Baru

Dibangun pada tahun 1820 dengan nama Passer Baroe, tempat ini merupakan salah satu pasar tertua di Jakarta. Pasar ini terletak di kawasan Sawah Besar, Jakarta Pusat. Pasar Baru terkenal sebagai pusatnya pakaian, kain, dan juga sepatu di mana kamu bisa membelinya dengan harga yang murah. Tidak hanya itu, meski kamu tidak ingin membeli apa-apa di sini, kamu juga bisa berkeliling pasar ini sambil berfoto dan menikmati arsitekturnya yang menarik.

  1. Berkeliling dengan Bus City Tour

Sejak tahun 2014, pemerintah Kota Jakarta telah menyediakan bus double-decker yang bisa dinaiki secara gratis oleh siapa saja. Bus City Tour ini akan membawa para penumpangnya berkeliling Kota Jakarta dengan cara yang menyenangkan. Kamu akan melewati Jl. Medan Merdeka Barat, Balai Kota, Sarinah, Bundaran Hotel Indonesia, Museum Nasional, Pecenongan, Pasar Baru, Gedung Kesenian Jakarta, Masjid Istiqlal, Gereja Katedral, dan Jl. Medan Merdeka Utara. Tidak hanya itu, kamu juga bisa mendapatkan informasi serta sejarah tempat-tempat tersebut dari tour guide yang ada di dalam bus. Cara menaikinya adalah kamu bisa menunggu di halte bus yang bertuliskan city tour di rute yang dilewati oleh bus ini.

Tuh, ternyata banyak hal yang bisa dilakukan secara gratis di Jakarta, ya. Yuk, liburan dan menghabiskan akhir pekan di Jakarta 😀