X
    Categories: Lifestyle

Bekerja saat Masih Kuliah? Kenapa Tidak!

Spread the love

Bagi kamu yang sekarang masih berstatus mahasiswa pastinya kesulitan untuk mencari pekerjaan. Belum adanya pengalaman dan pembagian waktu dengan jadwal kuliah disinyalir menjadi salah satu kendalanya. Terlebih, ditambah kurangnya keterampilan yang dibutuhkan di dunia kerja terkadang malah semakin menyulitkan untuk mendapatkan pekerjaan tersebut. Padahal, hanya dengan bermodalkan internet murah dari provider internet rumah, kamu bisa loh sedikit demi sedikit mengasah keterampilan kerjamu.

bekerja saat kuliah

Nah, buat kamu yang tertarik untuk bekerja ketika masih kuliah, simak dahulu yuk beberapa tips berikut:

  • Pertimbangan dalam memilih pekerjaan

Sebagai seorang pemula pastinya akan sulit bagimu mencari pekerjaan yang memang benar-benar diinginkan. Untuk itu, sebaiknya pilihlah pekerjaan yang jam kerjanya fleksibel sehingga nantinya tidak akan mengganggu kuliahmu. Misalnya, menjadi content writer yang pekerjaannya bisa dilakukan dari rumah atau bekerja hanya di weekend saja. Dengan demikian, kamu tentu tidak akan merasa kesulitan dan kuliah pun tidak akan terganggu.

  • Cari perusahaan yang mau mempekerjakan mahasiswa

Sekarang ini, banyak perusahaan yang mau mempekerjakan mahasiswa yang sudah berada di semester akhir perkuliahannya. Jika tertarik, kamu bisa loh mencoba melamar di perusahaan tersebut. Mana tau, lamaranmu diterima dan kamu bisa bekerja di sana. Selain mendapatkan pengalaman, harimu pun tidak akan terasa membosankan karena sudah tidak banyak perkuliahan yang harus diikuti.

  • Cobalah untuk jadi karyawan magang

Kamu pun bisa mempertimbangkan menjadi karyawan magang. Banyak sisi positif yang bisa kamu ambil dengan menjadi karyawan magang seperti terbiasa dengan ritme pekerjaan, tahu cara berinteraksi dengan atasan atau rekan kerja, dan lainnya. Kalau sudah begini, nantinya ketika ingin mendapatkan pekerjaan tetap, kamu tentu tidak kaget dengan budaya kerja karena sudah pernah digeluti saat magang.

  • Berusaha tingkatkan skill

Saat ini dengan adanya internet, kamu bisa lebih mudah dalam mempelajari berbagai hal. Baik yang berbayar melalui kursus online maupun tutorial gratis yang bisa kamu dapatkan di youtube dan platform lainnya. Manfaatkanlah berbagai media belajar online ini secara maksimal untuk meningkatkan skill yang kamu miliki sehingga lebih mudah dalam mencari pekerjaan, meskipun masih berstatus mahasiswa.

  • Mengiklankan diri di sosial media

Cara lainnya yang bisa kamu lakukan supaya bisa mendapatkan pekerjaan dengan mudah yaitu mengiklankan diri. Kamu bisa membagikan resume diri dan kemampuanmu di platform sosial media atau grup pencari kerja agar para perekrut bisa melihatmu dan tertarik untuk memanggilmu interview di perusahaan mereka.

Nah, itu dia tips-tips yang bisa diterapkan jika tertarik bekerja saat masih kuliah. Tetap bagi prioritas dan tekun dalam mempelajari hal baru, ya, sehingga pengalaman kerjamu nantinya bisa memberikan banyak manfaat untukmu di kemudian hari.

Semoga membantu, ya!

Ratih Wulanasri: I like the smell of rain and everything that moves by the winds.
Related Post