Menghias hunian merupakan sebuah pekerjaan yang tidak ada habisnya untuk dilakukan. Bagaimana tidak, membuat rumah menjadi tempat tinggal yang sangat nyaman untuk ditinggali merupakan kewajiban Anda sebagai penghuni rumah. Mulai dari mengisi ruangan dengan mebel kayu jati, merombak ruangan menjadi tempat untuk bersantai, hingga menghias taman di belakang rumah.

Taman merupakan sebuah lahan yang mau tidak mau wajib ada di sebuah hunian. Taman akan menjadi tempat resapan air, menjadi lahan hijau, hingga menjadi tempat rekreasi untuk melarikan diri dari rutinitas yang menyiksa. Mengingat pentingnya keberadaan taman, maka tidak heran jika banyak individu yang ‘sengaja’ meluangkan waktu untuk mendekor lahan tamannya menjadi sebuat tempat yang layak dan nyaman disinggahi.

Bagi Anda yang ingin menghias lahan di belakang rumah, berikut ini beberapa tips yang bisa Anda coba:

Gazebo mempercantik taman rumah

Gazebo mempercantik taman rumah

  1. Membuat gazebo. Taman tidak melulu diisi dengan tanaman dan bunga-bungaan saja, lho. Taman bisa juga dibuat sebagai tempat bersantai—lengkap dengan tempat untuk duduk-duduk dan menikmati suasana taman. Buatlah sebuah gazebo sederhana dengan kursi atau sofa nyaman di dalamnya, dan voila! Gazebo sederhana Anda sudah siap dihuni.
  2. Buat jalan setapak dengan batuan alami. Untuk menambah kesan natural di taman Anda, buatlah jalan setapak dari batu-batuan alami yang menghubungkan teras rumah dengan lahan taman Anda. Agar semakin cantik, pilihlah batu yang berwarna putih agar terlihat kontras.
  3. Pasang lampu taman. Di malam hari, suasana taman akan terlihat gelap tanpa kehadiran cahaya. Untuk itu, percantik tampilan taman Anda dengan lampu taman aneka bentuk yang memendarkan cahaya kekuningan. Sekarang ini, ada banyak sekali lampu taman dengan bentuk yang unik-unik mulai dari yang digantung hingga yang berdiri di atas tanah. Pilih lampu taman yang sesuai dengan gaya arsitektur taman Anda.
  4. Bangun kolam kecil untuk membuat suasana tenang di taman. Kolam membuat taman Anda terasa lebih hidup dan lebih sejuk karena suara air yang mengalir di dalamnya. Anda bisa memilih membuat kolam ikan, kolam hias, atau bahkan waterfall mini di taman Anda.

Tertarik untuk mempercantik tampilan taman Anda? Selamat mencoba! (TR)