Do you like movies? Well, who doesn’t?

Mengajarkan bahasa Inggris pada anak remaja adalah kegiatan yang susah-susah gampang. Gampang, karena anak remaja sekarang ini sudah terkoneksi dengan internet yang secara langsung dapat membuatnya bersentuhan dengan bahasa Inggris. Susah, karena hal tersebut tidak mengajarkan bagaimana cara mendengar dan memahami konteks percakapan dengan baik. Padahal, kemampuan memahami dalam bahasa Inggris adalah kemampuan yang harus dimiliki selain kelancaran berbicara. Untuk itu, sejak anak masih duduk di bangku sekolah menengah pertama, ada baiknya kita sudah mulai mengajarkan bahasa tersebut pada anak. Ada cara menarik untuk mengajarkan bahasa inggris untuk smp kepada anak, yaitu dengan mengajaknya menonton film. Berikut ini adalah film-film rekomendasi yang bisa ditonton.

  1. Matilda

    matilda-belajar-bahasa-inggris

    Matilda

Jika anak Anda belum familiar dengan Roald Dahl, maka film ini akan membantu Anda untuk memperkenalkan penulis kenamaan ini kepada anak. Film Matilda menceritakan tentang seorang anak perempuan yang sangat pintar dan mempunyai kekuatan. Selain kisah yang menarik dan unik, nilai plus lainnya adalah dialog sangat mudah dipahami untuk pembelajar bahasa Inggris pemula sehingga cocok untuk menjadi bahan berlatih anak. Ditambah lagi, siapa tahu anak Anda memiliki ketertarikan untuk membaca buku-buku karangan Roald Dahl.

Little-women-belajar-bahasa-inggris

Little-women

  1. Little Woman

Little Women merupakan sebuah film yang diadaptasi dari novel karangan penulis Amerika yakni Louisa May Alcott. Berkisah tentang kehidupan empat anak perempuan dan ibunya, film ini akan mengajarkan anak kita tentang kasih sayang dan pengorbanan. Setelah menonton film ini, anak Anda akan merasa tertarik untuk membaca novel aslinya. Tentunya, film ini juga bisa menjadi salah satu cara untuk mengenalkan anak pada kisah-kisah sastra dunia klasik.

  1. Now and Then 

    now-and-then-belajar-bahasa-inggris

    Now-and-then

Mengambil latar belakang sekitar tahun 70an hingga 90an, film ini mengandung banyak dialog unik yang berhubungan dengan women empowerment. Now and Then menceritakan tentang kehidupan empat orang gadis yang saling menguatkan satu sama lain dalam menghadapi problem kehidupan. Nilai plus dari film ini adalah banyaknya kosakata baru yang mungkin belum pernah kita dengar sebelumnya. Selain itu, dialog dalam film pun mudah untuk diikuti.

real-women-have-curves-belajar-bahasa-inggris

Real-women-have-curves

  1. Real Women Have Curves

Film ini mengajarkan kita bahwa it is okay to be different dan meningkatkan rasa percaya dalam diri. Nilai-nilai ini tentunya baik untuk anak kita yang sedang menginjak masa pubertas. Di sisi lain, penggunaan bahasa Inggris di dalam film ini cukup beragam, mulai dari slang, bahasa sehari-hari, hingga sedikit sentuhan bahasa formal.

So, are you ready to learn whole having fun? Untuk para orang tua, jangan lupa dampingi anak saat belajar bahasa Inggris sambil menonton film tersebut. Sehingga anak lebih mudah bertanya mengenai kata yang tidak dimengerti sekaligus lebih mempererat bonding antara orang tua dan anak. (Tr)