Kanker sudah dikenal sebagai penyakit  fatal dan mematikan, kanker payudara bahkan sempat didaulat menjadi pembunuh nomor satu wanita Indonesia. Biasanya, pengobatan bagi seseorang yang mengidap kanker akan berjalan sangat perlahan. Bahkan dokter-dokter spesialis kanker pun terkadang angkat tangan jika ditanya mengenai peluang sembuh dari penderita kanker, apalagi jika kondisi pasien sudah mencapai stadium akhir. Oleh sebab itu, lebih baik mencegah daripada mengobati bukan? Nah, gaya hidup sehat adalah salah satu cara termurah dan termudah untuk mengurangi risiko kanker.

Akan tetapi, tahukah Anda bahwa beberapa kegiatan sederhana di bawah ini dapat membuat Anda terjangkit kanker payudara? Kegiatan tersebut memang seolah tidak berdampak langsung pada kesehatan Anda. Namun kenyataannya, perlahan-lahan sel kanker dapat tumbuh di dalam tubuh Anda karena kegiatan tersebut. Berikut adalah daftarnya:

Kegiatan sederhana penyebab kanker

Waspadai penyebab kanker

  1. Membeli deodoran tanpa mengecek labelnya. Percaya atau tidak, deodoran yang Anda gunakan setiap harinya di ketiak berisiko meningkatkan kanker pada payudara Anda. Deodoran yang dijual di pasaran mengandung alumunium dan bahan-bahan berbahaya lainnya yang dapat menumbuhkan sel kanker payudara. Lebih baik mulai mengurangi penggunaan deodaran buatan pabrik dan membeli yang menggunakan bahan alami.
  2. Menggunakan pewarna rambut. Akhir-akhir ini, banyak perempuan yang senang mewarnai rambut mereka dengan warna-warna terang dan berani. Pewarna rambut pun semakin mudah ditemukan di pasaran dalam bentuk kemasan dan dalam beraneka warna. Anda tidak perlu lagi datang ke salon untuk mengubah warna rambut Anda karena kini penggantian warna rambut bisa dilakukan di mana saja. Nah, akan tetapi, mulai sekarang Anda harus berhati-hati. Sebab, The National Cancer Institute telah mengeluarkan peringatan bahwa pewarna rambut tersebut dapat mengandung karsinogen yang bisa memicu sel-sel kanker.
  3. Menggunakan pembersih rumah berbahan kimia. Ketika rumah terlihat kotor, tentunya Anda sebisa mungkin ingin membersihkan segalanya. Mulai dari meja dapur, kompor, atau bahkan lantai di kamar mandi yang mulai berubah warna. Untuk membersihkannya, Anda tidak bisa hanya mengandalkan lap basah atau sikat saja sebab noda tidak mungkin bisa hilang semudah itu. Anda lalu menggunakan pembersih berbahan kimia yang dibeli di pasaran dan memberi iming-iming bahwa noda sebesar apa pun akan dengan mudah hilang. Tahukah Anda bahwa pembersih tersebut bisa membuat Anda mengidap penyakit kanker payudara? Ya, karena kuatnya bahan kimia di dalam kandungan cairan tersebut, Anda bahkan bisa saja mengalami beberapa efek samping seperti migrain, alergi, dan lainnya.

Beberapa kegiatan sederhana di atas tadi memang sering sekali dilakukan oleh orang banyak, dan mungkin termasuk Anda. Namun, dengan dampaknya yang ternyata sangat buruk bagi kesehatan tadi, semoga Anda bisa mulai memperhatikan dan menghindari kegiatan sederhana pemicu kanker tadi, ya. (Tr)