Kaca merupakan salah satu elemen yang pasti ada di rumah kita. Banyak keuntungan menggunakan kaca di dalam ruangan. Kaca tidak hanya sebatas digunakan untuk jendela saja, tetapi juga digunakan untuk furnitur dan elemen dekorasi lainnya. Kaca pun ada banyak jenisnya mulai dari kaca biasa hingga kaca glasstone misalnya sehingga penting hukumnya bagi kita untuk mengetahui jenis-jenis kaca ini.

jenis kaca

Source: indiamart

  1. Kaca bening. Nah, jenis kaca ini merupakan kaca yang paling sering digunakan oleh masyarakat luas. Kita pun bisa dengan mudah menemukannya di rumah karena kaca ini hampir selalu digunakan dalam konstruksi rumah dan juga furnitur. Entah itu untuk jendela, meja ruang tamu, dan lain sebagainya.
  2. Tinted glass atau kaca berwarna. Sesuai dengan namanya, jenis kaca ini memang dilengkapi dengan lembaran warna. Jadi, lembaran kaca polos akan dilapisi lagi dengan warna untuk menahan panas dan sinar matahari. Warnanya pun beraneka ragam, bisa hitam, biru gelap, kehijauan, abu-abu gelap, dan warna gelap lainnya. Kaca ini sering juga disebut sebagai kaca
  3. Kaca es. Kaca ini merupakan jenis kaca yang memiliki tekstur di salah satu sisinya. Fungsinya sendiri selain untuk elemen dekoratif adalah untuk menjaga privasi. Pasalnya, tekstur pada kaca es bisa mengaburkan bayangan dan juga menahan sinar matahari. Hanya saja, karena harganya cukup tinggi, banyak masyarakat yang lebih memilih membeli stiker kaca es dibanding membeli kaca es asli.
  4. Kaca cermin atau one way. Disebut one way karena kaca ini tembus pandang hanya di satu sisi saja dan seperti cermin di satu sisi lainnya. Untuk kalian yang sangat mengedepankan privasi, kaca ini cocok dijadikan pilihan. Sebab dari bagian luar, orang tidak akan bisa melihat apa yang ada di dalam sementara kita bisa memantau apa yang terjadi di luar sana.
  5. Kaca Sepintas, tidak ada yang berbeda antara kaca tempered dengan kaca biasa. Hanya saja, kaca jenis ini memiliki kekuatan yang berkali-kali lipat dibanding kaca biasa. Dan jika pun kaca ini akan pecah di kemudian hari, pecahannya sangat aman karena tidak akan melukai dengan bentuknya yang bulat serta tumpul.

Itu dia berbagai jenis kaca yang wajib untuk dikenali. Nah, sekarang coba deh cari tahu kaca-kaca apa yang selama ini sudah digunakan di rumah kalian? Selamat mencari tahu! (Tr)