Siapa sih yang tidak pernah menggunakan komputer. Di zaman seperti ini, hampir semua orang pernah menggunakannya. Bahkan, mungkin di dalam satu rumah tidak hanya ada satu perangkat komputer saja. Jadi, tidak perlu berebutan deh saat ingin menggunakan koneksi internet Bali. Apalagi, saat ini sebagian besar provider internet sudah menyediakan koneksi yang dapat digunakan oleh beberapa perangkat sekaligus.

Sayangnya, banyak pengguna teknologi komputer maupun internet yang sering mengabaikan satu hal penting. Apakah itu? Yap, jawabannya adalah antivirus. Bagi sebagian orang, menggunakan antivirus terbaik adalah hal yang wajib. Maka jangan heran, jika terkadang mereka membutuhkan waktu untuk menentukan antivirus yang akan digunakan. Namun begitu, bagi yang merasa antivirus itu tidak penting, akan mengabaikan masalah ini. Bukan hanya tidak memilih antivirus yang terbaik saja, tetapi juga bahkan tidak peduli apakah komputernya memiliki antivirus atau tidak.

antivirus saat berinternet

antivirus saat berinternet

Padahal, antivirus ini sangat penting loh, khususnya untuk kamu yang sering terkonesi dengan internet. Berikut ini, adalah beberapa fungsinya:

  • Mencegah komputer terkena serangan virus ataupun spyware. Serangan ini sendiri bisa disebarkan melalui dua cara, yaitu melalui koneksi internet, dan juga melalui removable media seperti flashdisk atau harddisk.
  • Melindungimu dari kemungkinan membuka sebuah situs yang dianggap berbahaya. Misalnya saja seperti situs yang mengandung virus ataupun situs phising. Hal ini sangat penting untuk melindungimu dari jebakan phising yang sering digunakan oleh oknum tak bertanggung jawab untuk mencuri data akun seseorang, termasuk data internet banking.
  • Dapat memproteksi komputer dari kemungkinan file rusak akibat terkena virus. Namun, hal ini tergantung dari tingkat kerusakan yang disebabkan oleh virus. Sebab, jika file sudah benar-benar rusak, maka antivirus juga tidak akan mampu mengembalikan file dan memilih untuk menghapus file tersebut untuk keamanan komputer dan file lain yang belum terinveksi.
  • Ada beberapa virus yang akan menyebabkan crash atau hang pada komputer. Antivirus ini akan berfungsi untuk mencegah hal tersebut terjadi.

Antivirus dalam komputer itu memang penting, namun jangan coba untuk menggunakan lebih dari satu antivirus. Sebab, tidak semua antivirus mampu untuk bekerjasama dengan baik. Bahkan, bisa jadi hal ini justru akan membuat komputermu mengalami hang. Dan bagi kamu yang bingung akan beberapa istilah dalam antivirus dan pengertiannya, jangan khawatir karena setiap antivirus sudah diberikan guideline dasar agar para pemula tetap bisa mengoperasikannya.(Vita)