Akui saja, selama ini masyarakat memang selalu dihadapkan pada komparasi antara Android dan iOS. Hampir sebagian besar aplikasi yang ada di Play Store bisa dinikmati juga di AppStore, namun tidak semua aplikasi milik iOS bisa digunakan oleh pengguna Android. Well, siapa sangka bahwa Apple Music yang selama ini hanya bisa dinikmati oleh pengguna iOS, kini bisa dinikmati pula oleh pengguna Android? Ya, terhitung bulan ini, aplikasi untuk mendengar musik dengan layanan fiber internet ini bisa digunakan pula di ponsel Android Anda. Sekarang, Apple Music bukan lagi aplikasi eksklusif yang penggunanya hanya terbatas pada ponsel iPhone saja.

Fitur Apple music di Android

Fitur Apple music di Android

Sejak dirilis pada bulan Juni lalu, Apple Music memang sudah berhasil menarik pengguna iOS hingga menembus angka sebelas juta orang. Aplikasi ini digadang-gadang sebagai aplikasi musik terbaik yang pernah ada. Pasalnya, hampir sebagian besar database lagu yang ada di aplikasi ini selalu di-update setiap saat sehingga pengguna tidak perlu takut ketinggalan tren. Tidak hanya itu, para artis dan pemusik pemilik lagu pun tidak perlu takut kehilangan pencaharian karena pihak Apple akan membayarkan royalti pada mereka.

Soal fitur sendiri, Apple Music yang hadir di Android tidak akan jauh berbeda dengan iOS. Ada fitur For You di mana Anda bisa mendapatkan rekomendasi musik berdasarkan lagu-lagu yang Anda dengar dan suka, fitur New untuk menikmati lagu-lagu terbaru yang dikurasi oleh Apple Music editor, Radio untuk mendengarkan musik, interview, dan radio yang tayang di Beats 1, Connect untuk mencari tahu lebih dalam tentang favorite artists work and inspirations, dan juga Playlist untuk menyimpan lagu-lagu yang Anda kurasi sendiri.

Khusus untuk pengguna Android, Apple Music sudah bisa diunduh sejak November di Play Store. Anda bisa mengunduhnya secara gratis dan menikmati layanan penuh selama tiga bulan pertama. Setelahnya, Anda akan dikenai biaya tambahan sebesar US$9.99 setiap bulan. Angka yang dikeluarkan mungkin akan terasa memberatkan jika dikonversi ke dalam rupiah, namun jika dibandingkan dengan kebebasan menikmati musik tanpa batas, rasanya angka itu tidak ada apa-apanya. Banyak pihak yang menyangka bahwa kemunculan aplikasi bermusik ini akan membuat pengguna berpindah dari Google Play Music. Namun, sepertinya ketakutan tersebut tidak terbukti. Pasalnya, dengan kehadiran Apple Music, kini pengguna Android bisa memiliki banyak pilihan untuk mendengarkan musik secara online. (Tr)