Pada masa kehamilan, seorang calon ibu pastinya akan memastikan asupan makanan yang dikonsumsinya sehat dan mengandung nutrisi yang dibutuhkan oleh dirinya sendiri serta janin yang ada dalam kandungannya. Selain makanan sehat, suplemen tambahan atau vitamin untuk ibu hamil juga perlu dikonsumsi untuk membantu menutupi kekurangan nutrisi yang kurang dari makanan tadi. Lalu apa sajakah vitamin dan suplemen yang penting dikonsumsi selama masa kehamilan ini? Berikut beberapa vitamin yang dibutuhkan ibu hamil dan fungsinya:

Vitamin B1

Vitamin untuk Ibu HamilThiamin atau vitamin B1 berfungsi untuk meningkatkan energi dalam tubuh serta menjaga fungsi sistem syaraf. Idealnya, ibu hamil mengonsumsi 1,4 mg vitamin B1 setiap harinya. Sumber asupan vitamin B1 alami bisa ditemukan pada telur, nasi, pasta, buah berry, kacang-kacangan, serta gandum.

Vitamin B2

Vitamin yang dikenal juga dengan nama Riboflavin ini baik untuk menjaga energi, sekaligus membantu menjaga kesehatan kulit dan mata selama kehamilan. Vitamin B2 bisa ditemukan pada daging (merah, ayam, dan ikan), produk olahan susu, telur, dan sereal.

Vitamin B3

Niacin atau vitamin B3, membantu menjaga sistem pencernaan ibu hamil, yang sering mengalami konstipasi. Sumber alami vitamin B3 antara lain makanan tinggi protein, roti, daging merah, ikan, susu, telur, dan kacang-kacangan.

Vitamin B6

Morning sickness atau mual di pagi hari paling sering dialami oleh ibu yang tengah hamil muda. Nah Vitamin B6 ini, membantu untuk mengurangi rasa mual tersebut sekaligus membantu dalam pembentukan sel darah merah. Sumber alami vitamin B6 ini dapat ditemukan di daging ayam, ikan, telur, wortel, bayam, gandum, biji bunga matahari, dan nasi merah.

Vitamin C

Vitamin C berfungsi sebagai antioksidan yang dapat melindungi jaringan sel tubuh dari bahaya, meningkatkan sistem imun tubuh, dan membantu tubuh menyerap zat besi yang sangat penting untuk melawan anemia. Untuk dosisnya, idealnya calon ibu harus memenuhi sekitar 80-85 gram asupan vitamin C setiap harinya.

Asam Folat

Vitamin satu ini sangat penting dikonsumsi oleh ibu hamil karena membantu pertumbuhan plasenta dalam rahim serta mencegah kemungkinan cacat lahir pada calon bayi. Dalam sehari, calon ibu setidaknya harus memenuhi sekitar 600 mcg asupan asam folat. Sementara, itu dalam bentuk alaminya, asam folat dapat ditemukan pada buah jeruk, strawberry, sayuran hijau, seperti bayam dan brokoli, serta kacang-kacangan.

Meski baik untuk ibu dan calon bayi, namun perlu diingat, sebaiknya jangan terlalu berlebihan untuk menghindari efek samping yang bisa terjadi. Akan lebih baik lagi bila calon ibu lebih dulu berkonsultasi dengan dokter kandungannya. (raw)