Semua handphone baik yang bermerek Android maupun iOS, pasti mempunyai tombol volume yang difungsikan untuk memperbesar ataupun mengecilkan suara di handphone. Namun, selain kedua fungsi tersebut, tombol volume pun ternyata masih memiliki banyak fungsi. Yang mana, sangat bermanfaat untuk mempersingkat waktu ketika menggunakan handphone pintar ini pada saat berselancar di situs pencari sekelas Google sambil memakai internet cepat dan murah.

Fitur lain tombol volume smartphone

Fitur lain tombol volume smartphone

So, fungsi apa sajakah yang diberikan oleh tombol volume ini? Berikut adalah beberapa fungsi tombol volume di handphone. Simak, yuks!

  1. Zoom Out/In. Saat ini, aplikasi kamera yang terdapat di handphone sudah menambahkan fitur tombol volume untuk interface-nya. Dimana, ketika menggunakan tombol volume ini pada aplikasi kamera, maka bisa dijadikan sebagai sarana untuk men-zoom out ataupun men-zoom in objek yang diambil di handphone. Untuk itu, kamu pun tidak perlu lagi menekan layar handphone saat hendak melakukan pembesaran maupun memperkecil layar ketika menangkap objek yang difoto.
  2. Screenshot. Selain itu, tombol volume pun bisa dimanfaatkan untuk men-screenshot gambar yang hendak diambil melalui media sosial, situs pencari, maupun tampilan depan di handphone canggih. Cara menggunakannya juga sangat mudah, yang mana tinggal menekan tombol volume down dan tombol power secara bersamaan. Kemudian, gambar yang di screenshot akan langsung tersimpan dalam handphone.
  3. Lock screen. Tombol volume pun bisa digunakan untuk membuka tombol lock screen. Yang mana, kamu tinggal membuat kombinasi lock screen yang dibuat serumit mungkin, dan buka dengan menekan tombol volume. Mudah sekali, bukan?
  4. Power. Jika handphone kamu tidak mempunyai fitur double tap to wake dan tombol power untuk menyalakan handphone sudah rusak. Maka, kamu bisa mengubah fungsi tombol volume ini menjadi tombol power yang akan semakin memudahkanmu saat menghidupkan handphone.
  5. Shutter. Kamu pun bisa mengubah fungsi dari tombol volume ini menjadi tombol shutter yang biasanya dijadikan sebagai sarana untuk pengambilan gambar maupun video dari handphone. Tinggal menekan tombol ini, maka nantinya kamu tidak perlu lagi repot untuk menekan layar ketika mengambil foto maupun video.

Apakah kamu sudah menggunakan tombol volume untuk beberapa fungsi di atas? –SH–