Saat akan membeli mobil baru, satu hal yang tidak boleh kelewatan dilakukan adalah melakukan test drive. Sayangnya, tidak sedikit orang yang melewatkan tahapan, ini. Padahal tahapan test drive dilakukan untuk merasakan langsung sensasi mengendarai mobil tersebut, apakah memang nyaman dikendarai dan sesuai dengan harapan atau tidak. Tentunya, Anda tidak mungkin, kan, mengembalikan mobil yang sudah dibeli karena ternyata tidak nyaman atau ada yang terasa salah saat dikendarai. Fasilitas test drive juga banyak ditawarkan oleh dealer mobil saat ada peluncuran mobil baru ke pasaran, seperti Mitsubishi Pajero Sport, yang baru launching di Indonesia belum lama ini.

Untuk mendapatkan hasil yang sesuai, test drive tentu tidak boleh dilakukan dengan sembarangan. Ada beberapa hal yang harus dicek dan diperhatikan selama melakukan test drive mobil ini. Berikut beberapa hal di antaranya.

Jadwal test drive 

Tips lakukan test drive

Tips lakukan test drive

Hal pertama yang harus dilakukan adalah memastikan bahwa mobil yang hendak Anda bawa untuk test drive available. Karena itu, penting untuk membuat jadwal sebelumnya dengan agen dari dealer mobil. Selain di dealer mobil, Anda juga bisa berkesempatan untuk melakukan test drive mobil baru pada saat adanya launching mobil terbaru, yang dilakukan oleh distributor resmi mobil di Indonesia.

Pastikan mobil terasa pas dengan Anda

Tidak semua mobil pas untuk semua orang. Pastikan Anda dapat melihat jalanan dan rambu-rambu di depan dengan jelas saat duduk di kursi pengemudi. Pastikan juga bahwa lengan Anda merasa nyaman saat harus menyetir dalam waktu yang lama dan tidak ada yang menghalangi pandangan kanan/kiri dan ke arah spion mobil. Kursi mobil juga harus bisa menahan punggung dan bokong dengan nyaman. Sandaran kepala kursi jangan membuat kepala Anda terdorong  ke depan atau terlalu ke belakang yang membuat Anda menyetir dengan posisi terlalu santai. Pastikan juga, ketika Anda mengatur posisi kursi pengemudi sesuai dengan posisi nyaman Anda, masih ada sisa ruang untuk kaki penumpang di belakang Anda, kecuali Anda tidak terlalu peduli dengan hal tersebut, maka itu tidaklah terlalu penting.

Kendarai sesuai dengan kebiasaan dan medan mengemudi Anda

Sebaiknya lakukan test drive melalui medan yang mirip dengan jalan yang sehari-hari dilewati dan dengan cara Anda mengemudi biasanya, bahkan bisa aplikasikan tips mengemudi mobil yang sudah Anda pelajari sebelumnya. Karena, kadang mobil memang terasa nyaman saat dikendarai di jalan mulus dan lurus-lurus saja, namun ternyata baru berasa tidak nyaman saat harus melewati keadaan jalan raya atau jalan kampung yang tidak terlalu mulus. Jangan sampai, begitu dibawa ke jalanan rumah Anda ternyata mobil tidak nyaman untuk dikendarai. Selain itu, pastikan juga apakah mobil tersebut pas dan mudah untuk diparkir di tempat parkir rumah Anda atau tidak.

Jangan ragu bertanya

Bila ada fitur atau teknologi baru pada mobil tersebut yang membuat Anda bingung, jangan ragu untuk bertanya pada agen atau sales di dealer tersebut. Agen dan sales tersebut pastinya akan dengan senang hati membantu Anda mengenal dan mempelajari calon mobil Anda tersebut. Lagipula, semakin senang Anda dengan performa mobil tersebut, tentunya akan semakin mudah pula pekerjaan mereka, bukan? So, don’t be hesitate and ask them all you want to know about the car!

Semoga tips tadi bisa bermanfaat dan semoga test drive Anda berjalan lancar, ya! (raw)