Sebelum mengunjungi toko furniture jakarta untuk membeli furniture baru saat merenovasi rumah, ada satu hal penting yang harus kita lakukan, yaitu memilih lantai untuk rumah kita. Hal ini sangatlah penting, karena pemilihan lantai yang tepat akan membuat ruangan terlihat semakin menarik dan cerah.

Memilih lantai terlihat hal yang sederhana, apalagi saat ini sudah ada banyak sekali  bahan, motif dan warna lantai yang bisa kita pilih dan sesuaikan dengan selera kita. Namun, sebenarnya tidak semuah itu loh. Kita tidak bisa hanya mengikuti selera kita saja, karena ada banyak hal yang harus kita pertimbangkan dalam memilih lantai rumah.

Memilih lantai rumah yang tepat

Memilih lantai rumah yang tepat

Bahan

Pilih bahan yang aman, bagus, dan tidak akan merepotkan kita di masa mendatang. Hindari lantai kayu, karena sulit dalam perawatannya. Selain itu, pastikan bahwa bahan lantai yang digunakan tidak bersifat licin, khususnya jika akan dipasang pada bagian kamar mandi. Bahkan, meskipun akan dipasang dikamar atau ruangan lain, tetap saja kita harus memilih bahan yang tidak licin. Alasannnya, untuk mencegah kita atau orang lain terpeleset saat tidak sengaja ada air yang tumpah di lantai.

Motif dan warna

Apakah kita ingin menggunakan lantai tanpa motif ataukan bermotif? Jika kita suka dengan lantai yang bermotif, maka pilihlah motif yang lembut dan tidak membuat pusing saat melihatnya. Selain itu, sebaiknya hindari motif lantai yang bersifat timbul, karena dapat membuat kita merasa tidak nyaman saat berjalan di atasnya. Selain itu, sela diantara motif ini akan cukup sulit dibersihkan, sehingga kotoran dapat menumpuk dan beresiko membuat ruangan menjadi tidak sehat. Untuk yang tidak menyukai lantai bermotif, bisa bermain dengan warna. Misalnya, dengan memasangkan lantai 2 warna secara bergantian, atau dengan pola lainnya.

Ukuran

Ukuran lantai dapat membuat sebuah ruangan terlihat lebih luas ataupun lebih sempit. Jika ruangan kita berukuran cukup luas, sebaiknya pilihlah lantai dengan ukuran 40×40 atau 60×60. Sementara, jika ukuran ruangan tidak terlalu besar, kita bisa menggunakan lantai dengan ukuran yang lebih kecil.

Semoga tips memilih lantai untuk rumah Anda tadi bisa membantu. (Vita)