Liburan memang merupakan waktu yang tepat dan menyenangkan untuk dihabiskan bersama dengan anak terutama liburan ke luar kota seperti liburan ke Semarang, Solo atau Yogyakarta. Meski begitu, liburan dengan anak yang masih berusia balita kadang bisa tidak berjalan sesuai dengan rencana alias kacau bila tidak dipersiapkan dengan benar. Karena itu selain mempersiapkan mobil Mitsubishi Strada Triton Anda, beberapa hal yang perlu juga Anda perhatikan agar perjalanan dengan anak bisa menyenangkan dan tidak kacau.

Apa saja itu? Cek beberapa persiapan liburan dengan anak berikut ini:

Persiapan liburan dengan anak

Persiapan liburan dengan anak

Buat list

Salah satu hal penting dalam persiapan liburan dengan anak adalah list barang yang harus dibawa. Anda tentu tidak mau, kan, kelimpungan saat berlibur karena ternyata lupa membawa pampers ganti atau botol susu untuk si kecil? Nah, untuk itulah, membuat list barang menjadi sangat penting. Mulailah membuat list dengan membaginya dalam beberapa kategori. Misalnya saja: “barang anak”, “makanan”, “hiburan”, dan “yang tidak boleh ketinggalan”. Dengan begitu, Anda akan lebih mudah mempersiapkan serta mengeceknya kembali.

Latihan sebagai persiapan

Bila perjalanan liburan Anda nantinya melibatkan hal-hal baru bagi si kecil, tidak ada salahnya untuk melakukan latihan kegiatan yang akan dilakukan selama perjalanan. Misalnya saja Anda menggunakan pesawat terbang , maka Anda bisa melatih anak-anak Anda saat harus melewati keamanan di bandara, atau bagaimana nantinya mereka harus duduk saat di pesawat. Dengan begitu, anak-anak tidak akan kaget dan tidak rewel saat di perjalanan.

Libatkan anak dalam persiapan

Ajaklah anak ikut membantu dalam mempersiapkan liburan. Misalnya saja dengan memebiarkan mereka memilih baju atau sepatu yang hendak dibawa. Atau bisa juga dengan meminta mereka mengecek kelengkapan barang bawaan.

Mainan atau barang hiburan

Anak-anak biasanya akan merasa bosan selama diperjalanan, apalagi bila perjalana tersebut memakan waktu yang lumayan lama. Kalau sudah begitu biasanya Andalah yang akan merasa kerepotan karena anak akan mulai rewel. Untuk menghindari hal tersebut, sebaiknya bawalah barang-barang yang bisa mengalihkan perhatian mereka selama diperjalanan. Misalnya saja mainan favorit mereka, buku gambar dan pinsil warna, atau donwload aplikasi yang fun dan mendidik di smarphone Anda.

Nah, semoga beberapa tips tadi bisa bermanfaat, ya. Selamat menikmati liburan bersama keluarga! (Raw)