Bahasa Inggris, merupakan bahasa internasional banyak sekali digunakan oleh masyarakat  di dunia. Banyak sekali orang yang mencari cara belajar bahasa Inggris cepat agar dapat berkomunikasi dengan bahasa yang sering disebut bahasa dunia ini. Akan tetapi, belajar dari buku saja tidaklah cukup. Untuk dapat menggunakan bahasa dengan baik dan benar, tentunya berkomunikasi dengan orang lain sangat penting agar kita mendapatkan pengalaman menggunakan bahasa tersebut di kondisi yang sebenarnya.

Bagi sebagian orang yang sudah menguasai bahasa inggris, berkomunikasi dengan menggunakan bahasa ini adalah hal yang mudah. Namun bagi mereka yang masih belajar, hal ini kadang akan membuatnya merasa kurang percaya diri. Apalagi, jika lawan bicaranya adalah orang yang menggunakan bahasa inggris sebagai bahasa komunikasinya sehari-hari. Berikut adalah beberapa tips yang bisa membantu meningkatkan kepercayaan diri dalam berbicara bahasa Inggris.

Percaya diri bicara bahasa Inggris2

Percaya diri bicara bahasa Inggris2

  • Ikut forum-forum online yang menggunakan bahasa Inggris. Forum apapun dapat menjadi tempat belajar yang cocok, tergantung topik apa yang Anda suka. Setelah membaca-baca isi forum, cobalah untuk sering membuka diskusi atau posting informasi yang berguna bagi pengguna forum.
  • Untuk memperlancar pronunciation, cobalah baca teks dalam bahasa Inggris dengan keras. Pilihlah teks yang tidak terlalu panjang, coba rekam apa yang Anda baca, dan dengarkanlah lagi untuk mengecek apakah ada kesalahan pronunciation atau
  • Berteman dengan native speaker juga dapat sangat membantu membangun percaya diri berbicara dalam bahasa Inggris, dan si teman expat ini juga dapat mengambil keuntungan dengan belajar bahasa lokal dari Anda.
  • Jika belajar dengan teman, buatlah kelompok yang kecil, sekitar lima atau enam orang saja, karena kelompok yang terlalu besar biasanya merusak fokus.
  • Bagi mereka yang belajar bahasa Inggris untuk tujuan tertentu, selalu ingatkan diri akan tujuan tersebut dan kenapa Anda mau mencapai tujuan itu. Pasanglah bendera negara tujuan Anda, foto, logo perusahaan/sekolah yang ingin Anda masuki, atau apapun tujuan Anda di tempat yang mudah dilihat untuk menjadi reminder Anda setiap hari.

Selain tips-tips yang sudah disebutkan di atas, hal paling penting dalam belajar apapun, termasuk dalam meningkatkan percaya diri berbahasa Inggris adalah niat. Jika Anda berniat kuat untuk melakukan sesuatu, pasti Anda akan kuat menghadapi semua rintangan untuk melakukan apa yang menjadi tujuan Anda. (Dana)