Ada banyak sekali penyebab mengapa pipa PVC di rumah mengalami kebocoran. Misalnya saja, pemilihan produk yang berkualitas kurang baik karena terfokus pada harga pipa PVC yang murah, atau kesalahan dalam pemasangan sambungan. Untuk penyebab pertama, yang bisa dilakukan adalah mengganti pipa yang ada di rumah dengan pipa yang memiliki kualitas baik, sehingga tidak mudah mengalami keretakan yang merupakan salah satu penyebab kebocoran.

tips menyambung pipa air

                                     tips menyambung pipa air

Namun, untuk kebocoran yang disebabkan kesalahan pemasangan sambungan tentunya tidak bisa diselesaikan dengan mengganti pipa. Sebab, sebagus apapun kualitas pipa, namun jika proses pemasangannya salah, tetap saja akan berisiko menyebabkan terjadinya kebocoran. Nah, jika Anda saat ini sedang mengalami masalah tersebut, tidak perlu khawatir. Sebab, dengan mengikuti beberapa tips berikut ini, Anda akan dapat memperbaiki sambungan pipa sendiri, yaitu:

  • Persiapkan seluruh peralatan yang akan digunakan. Pertama, pipa yang akan disambungkan, penyambung pipa, ampelas, lem pipa, dan kain bersih. Penyambung pipa ini biasanya berbentuk “L” jika pipa akan diarahkan berbalok, dan berbentuk “T” jika pipa akan dibuat cabang.
  • Ambil pipa yang akan disambungkan, dan ampelas bagian ujungnya. Pengampelasan ini bertujuan untuk membuat bagian ini sedikit kesat, sehingga dapat menempel dengan lebih baik. Namun, untuk pipa yang berukuran kecil, proses ini jangan dilakukan terlalu lama, yah.
  • Setelah proses pengampelasan selesai, langkah selanjutnya yaitu bersihkan seluruh bagian dengan kain bersih. Pastikan bahwa seluruh bagian, khususnya yang nantinya akan ditempel dengan pipa penyambung.
  • Oleskan lem pada sisi luar pipa yang ingin disambungkan, dan sisi dalam pipa penyambung. Setelah itu, segera sambungkan pipa dan tekan dengan kuat agar pipa menempel dengan sempurna. Tahan dan pastikan bahwa pipa tersebut tidak bergeser. Kemudian diamkan hingga beberapa saat dan pastikan bahwa lem telah benar-benar mengering sebelum mengalirkan air di dalamnya.

Selain pemasangan pipa sambungan yang salah, pemilihan pipa penyambung ini juga wajib diperhatikan. Pastikan bahwa ukuran pipa penyambung ini tidak terlalu besar ataupun terlalu kecil. Sebab, pipa yang terlalu kecil akan membuat proses pemasangan penyambungan pipa menjadi sulit  dan bahkan membutuhkan teknik khusus (memanaskan pipa untuk mengubah ukuran diameter), dan pipa yang terlalu besar akan membuat terlalu banyak celah yang bisa menyebabkan kebocoran. (Vita)