Berita yang paling ditunggu pasca pernikahan adalah berita kehamilan. Tidak hanya oleh pasangan itu sendiri, tetapi juga oleh orangtua dan juga keluarga di sekitar pasangan tersebut. Ketika berita yang ditunggu tersebut akhirnya datang, tidak hanya ucapan selama dan doa saja yang akan diberikan, melainkan juga tips dan berbagai informasi seputar kehamilan. Seperti makanan sehat untuk ibu hamil muda, makanan yang tidak boleh dikonsumsi, dan berbagai hal lainnya agar kehamilan berjalan lancar hingga masa persalinan.

Menjaga Kehamilan di Trimester Pertama

Sebenarnya wajar jika banyak orang di sekitar yang akan langsung memberikan berbagai informasi seputar kehamilan segera setelah berita kehamilan datang. Sebab masa awal kehamilan adalah masa yang rentan bagi janin. Sayangnya, terlalu banyak informasi yang masuk terkadang justru membuat Anda merasa bingung. Nah, untuk Anda yang sedang mengalaminya, tidak perlu khawatir atau bingung. Sebab artikel ini akan membahas secara ringkas bagaimana cara menjaga kehamilan pada trimester pertama, yaitu:

  • Jaga menu makan

Ketahui daftar makanan yang baik dan buruk untuk kehamilan. Dengan begitu Anda bisa menentukan menu makanan apa saja yang boleh Anda konsumsi sehari-hari. Selain itu, perhatikan juga apakah ada makanan yang membuat Anda merasa mual hingga ingin muntah. Meskipun makanan tersebut baik untuk Anda, namun jika menimbulkan efek mual dan muntah berlebihan maka sebaiknya dihindari. Atau Anda bisa mengonsultasikannya pada dokter kandungan yang menangani Anda mengenai konsumsi makanan tersebut.

  • Hindari stres

Belum ada penelitian resmi mengenai pengaruh stres terhadap kondisi janin. Akan tetapi tetap disarankan agar Anda menghindari segala hal yang meningkatkan stres untuk menjaga kondisi kandungan Anda. Khususnya jika kondisi kandungan tergolong lemah dan sensitif. Apalagi stres yang berlebihan, tidak hanya berdampak pada janin saja tetapi juga pada kondisi kesehatan Anda sendiri.

  • Jaga kesehatan

Hindari segala kebiasaan buruk yang dapat memengaruhi kondisi janin, seperti merokok, mengonsumsi kafein, dan mengonsumsi alkohol. Untuk kafein sendiri, dalam jumlah wajar sebenarnya boleh-boleh saja. Namun jika berlebihan akan berbahaya untuk janin. Daripada Anda tanpa sengaja mengonsumsi secara berlebihan, akan lebih baik jika menghindarinya. Selain itu, ibu hamil harus waspada dengan penyakit ringan. Sebab meskipun ringan terkadang bisa berdampak besar pada kehamilan.

  • Ketahui tanda masalah pada kehamilan

Penting bagi Anda untuk mengetahui tanda-tanda kehamilan bermasalah. Dengan begitu Anda akan akan lebih aware dengan kondisi kehamilan Anda dan dapat segera mengambil langkah tepat ketika menemukan adanya masalah pada kehamilan.

Selain dari Anda yang sedang mengandung, dukungan dari pasangan juga penting untuk menjaga kehamilan sehat. Sebab pada masa awal kehamilan, banyak hal baru yang akan Anda rasakan dan alami, khususnya jika ini kehamilan pertama. Hal ini akan membuat Anda lebih sensitif terhadap berbagai hal di sekitar. Disaat inilah dukungan pasangan sangat penting untuk membantu Anda menyesuaikan diri dengan berbagai perubahan yang Anda raasakan. (Vita)