Tidak bisa dipungkiri, kejahatan bisa datang di mana saja. Entah di jalan raya, di tempat kerja, di transportasi umum, bahkan di tempat tinggal Anda. Hunian dengan embel-embel best premium facilities apartment yang memiliki keamanan berganda pun tidak bisa melindungi tempat tinggal Anda dari kejahatan. Untuk itu, di mana pun Anda berada, Anda haruslah berhati-hati. Jangan terlalu percaya dan bergantung dengan sistem keamanan apartemen. Ini dia tips keamanan apartemen yang harus Anda perhatikan agar terhindar dari kejahatan.

Keamananan apartemen

Keamananan apartemen

Kunci Apartemen

Selalu kunci apartemen Anda. Jangan pernah membiarkan kamar dalam kondisi tidak terkunci, meski Anda sedang berada di dalamnya. Bahkan jika memungkinkan, gantilah kunci kamar Anda dengan yang baru sehingga tidak ada oknum nakal yang menerobos apartemen Anda dengan kunci duplikat.

Tempat penyimpanan yang aman

Simpan barang-barang berharga di tempat yang tidak terlihat. Entah menggunakan brankas atau lemari khusus, sebisa mungkin tempatkan barang berharga Anda di tempat yang tidak terpikirkan dan tersembunyi. Bahkan kalau bisa, jangan menyimpan terlalu banyak barang berharga di apartemen Anda.

Jangan sembarangan mempersilahkan orang masuk

Jangan membiarkan orang asing masuk ke dalam apartemen. Entah itu petugas keamanan, petugas kebersihan, atau apa pun itu, sebaiknya hindarilah membawa mereka masuk ke dalam apartemen. Baru-baru ini, seorang warga negara Jepang tewas di tangan satpam apartemennya karena satpam tersebut sudah berencana untuk merampok apartemen korban. Ingatlah bahwa kejahatan bisa terjadi di mana saja.

Pasang Kamera CCTV

Pasang kamera CCTV dan alarm keamanan. Untuk memberikan pengamanan berlapis, tidak ada salahnya mengeluarkan dana lebih untuk memasang kamera CCTV dan alarm keamanan. Kamera ini berfungsi untuk memantau keadaan apartemen Anda secara menyeluruh sehingga Anda bisa melihat hal-hal mencurigakan yang terjadi. Sementara itu, alarm keamanan berfungsi untuk mengantisipasi jika ada hal-hal yang tidak diinginkan.

Empat hal di atas adalah langkah-langkah yang bisa Anda lakukan untuk mencegah terjadinya tindak kriminal di apartemen Anda. Namun demikian, satu hal yang perlu Anda ingat dan terapkan setiap saat adalah peka terhadap keadaan sekitar dan selalu waspada. (Tr)