Saat saluran air di rumah Anda tersumbat, berbagai cara pun Anda lakukan untuk memperbaikinya. Mulai dari membongkar sambungan pipa, memanggil tukang perbaikan saluran air, menyedot kotoran yang terdapat di saluran air, dan lain sebagainya. Memang, memperbaiki saluran air pada saat terjadinya penyumbatan merupakan pilihan yang tepat Anda lakukan. Tapi, apa salahnya jika Anda mencoba untuk menghindari terjadinya penyumbatan pada saluran air di rumah Anda. Dengan begitu, setidaknya Anda tidak perlu lagi capek-capek memperbaiki saluran airnya, kan?

So, apa saja yang bisa Anda lakukan untuk menghindari terjadinya penyumbatan pada saluran air di rumah Anda? Berikut beberapa di antaranya: menghindari-penyumbatan-saluran-air

Jangan membuang minyak sisa memasak ke saluran air

Saat Anda memasak makanan yang mengandung banyak minyak, alangkah baiknya Anda tidak membuang sisa minyak masakan Anda ke saluran pembuangan air. Sisa minyak masakan yang terlalu lama mengendap di saluran air, lama kelamaan akan mengeras, dan itulah yang akan menyebabkan terjadinya penyumbatan pada saluran air di rumah Anda.

Jangan membuang sampah ke dalam saluran air

Sebaiknya, Anda jangan membuang sampah pembalut, shampoo, sabun, maupun rambut ke dalam saluran pembuangan air di rumah Anda. Banyaknya sampah yang terjebak di saluran air, hanya akan menyebabkan penyumbatan pada saluran air di rumah Anda.

Menyediakan alat untuk mengambil sampah

Menyediakan alat untuk pengambil sisa sampah yang terjebak di saluran air sangat perlu Anda lakukan.  Apabila Anda memiliki alat pengambil sampah untuk saluran air, maka Anda tidak perlu lagi capek-capek memanggil tukang perbaikan saluran air. Dikarenakan Anda sudah bisa membersihkan sendiri saluran air yang tersumbat di rumah Anda.

Rutin membersihkan saluran air

Jika Anda tidak mau terjadi penyumbatan pada saluran air di rumah Anda, sebaiknya Anda selalu membersihkan saluran air di rumah Anda. Saluran air yang bersih berarti meminimalisir terjadinya penyumbatan pipa di rumah Anda.

Menggunakan pipa yang berkualitas

Menggunakan pipa yang berkualitas, ternyata juga bisa menghindari terjadinya penyumbatan air, lho! Hal ini dikarenakan, pipa yang berkualitas tinggi akan mencegah terjadinya penyumbatan air, karena tidak akan mengendapkan sisa masakan atau apapun di dalam saluran air. Untuk itulah sangat penting sekali memakai pipa yang berkualitas.

Membuat belokan pada saluran air

Pada saat Anda memasang pipa, sebaiknya buatlah sedikit belokan pada pipa saluran air. Adanya belokan pada saluran air akan membuat air cepat mengalir, dan tentunya, akan menghindari terjadinya penyumbatan.

Itulah beberapa tips yang bisa dilakukan untuk menghindari penyumbatan saluran pembuangan air di rumah Anda. Jika sudah terjadi sumbatan, Anda perlu mencari cara lain untuk mengatasi masalah sumbatan pada pipa PVC. Ada beberapa cara yang bisa Anda pilih seperti menggunakan soda api, soda kue atau air panas. Semoga sih, gak ada sumbatan. –Sh–