Apartemen merupakan salah satu pilihan modern residence Jakarta saat ini. Perawatannya yang tidak ribet serta lokasinya yang biasanya dekat dengan pusat bisnis, perbelanjaan, dan hiburan jadi alasan utama mengapa apartemen banyak dipilih oleh warga Jakarta dan daerah sekitarnya. Sayangnya, apartemen yang berada di pusat bisnis seperti ini biasanya memiliki harga yang mahal. Karena itu, banyak yang akhirnya memilih untuk membeli atau menyewa  apartemen dengan ukuran yang lebih kecil dengan harga yang lebih murah.

Apartemen kecil sendiri bukanlah hal yang buruk, apalagi buat kita yang masih lajang, apartemen dengan ukuran ini tentunya lebih pas. Satu hal yang menjadi masalah mungkin adalah space ruangan yang kecil sehingga membuatnya terasa pengap, terutama bila kita memiliki banyak barang. Tapi, jangan khawatir, dengan penataan yang tepat, space yang kecil tersebut bisa terlihat lebih rapih.

Dekorasi apartemen kecil

Dekorasi apartemen kecil

Berikut beberapa tips untuk mendekorasi apartemen kecil kita, agar terlihat lebih luas tetap rapih dan masih terkesan modern, alias tidak ketinggalan zaman.

Pemisah ruangan

Desain open space biasanya memang menjadi pilihan terbaik untuk ruangan kecil. Namun, bila kita tidak bisa menatanya, ruangan apartemen kita bisa terlihat penuh dan tidak teratur. Untuk mengatasinya, cobalah ciptakan pemisah ruangan dengan menggunakan furniture kita tersebut. Misalnya saja dengan menggunakan pot tanaman atau rak buku untuk memisahkan ruang tamu dengan dapur atau tempat tidur.

Furniture dengan fungsi ganda

Untuk memanfaatkan fungsi ruangan semaksimal mungkin, pilihlah furniture dengan fungsi ganda. Misalnya saja sofa yang bisa diubah menjadi tempat tidur, atau bangku kecil yang juga bisa berfungsi menjadi tempat penyimpanan barang.

Manfaatkan sisa ruangan sebagai tempat penyimpanan

Jangan biarkan pojok-pojok ruangan yang kosong menganggur begitu saja. Manfaatkan sisa ruangan ini sebagai tempat penyimpanan dengan menggunakan rak khsusu untuk pojok ruangan.

Pilih rak vertikal

Rak dengan bentuk memanjang ke atas atau vertikal akan membuat kita memiliki tempat penyimpanan yang lebih banyak namun tidak akan menyita terlalu banyak ruang. Sehingga ruangan apartemen kita tidak akan terlihat sumpek.

Paduan warna

Seperti kita tahu, warna yang lembut biasanya membuat ruangan terlihat lebih luas. Namun, warna lembut kadang membuat ruangan terlihat plain atau tidak berkarakter dan terlihat membosankan. Untuk itu, kita harus pintar-pintar memadukan antara warna cerah dengan warna kuat untuk menciptakan keseimbangan pada ruangan. Lebih mudahnya, lakukan rumus seperti ini, pilih dua jenis warna lembut dan padankan dengan satu warna gelap/mencolok untuk untuk memberikan karakteristik pada ruangan.

Nah, selamat berkreasi dengan beberapa tips dekorasi untuk apartemen kecil! (raw)