Bagi beberapa orang, rumah rasanya tidak lengkap bila tidak memiliki taman. Sayangnya, lahan rumah yang sempit serta keterbatasan dana kadang menghalangi kita untuk memiliki taman yang nyaman tersebut. Tapi, saat ini hal tersebut bukanlah masalah, kita bisa memiliki taman minimalis yang tidak membutuhkan area terlalu luas di halaman rumah kita dan biaya yang terlalu besar. Nah, untuk membuat taman dengan mudah dan murah ini, ada beberapa hal mesti diperhatikan, misalnya saja harga pagar panel beton untuk pagar serta pemilihan jenis tanaman.

Memilih jenis tanaman untuk taman mungil kita tidak boleh sembarangan bila ingin mendapatkan taman yang indah. Berikut beberapa hal yang mesti diperhatikan saat memilih jenis tanaman untuk taman minimalis di rumah kita, di antaranya:

Budget

Ini merupakan hal pertama yang harus kita perhatikan. Memang, sih, dengan ukuran yang lebih kecil seharusnya taman minimalis membutuhkan biaya yang juga lebih kecil dibandingkan taman ukuran lebih besar. Namun, bila kita ternyata mengincar tanaman jenis tertentu dengan harga mahal, maka budget ini tentunya akan menjadi lebih besar.

Tanaman taman minimalis

Tanaman taman minimalis

Rumput

Agar taman tidak terlihat gersang dan kosong, tanamlah rumput pada taman kita. Jenis rumput yang biasanya dipilih untuk taman kecil adalah rumput gajah dan rumput jepang. Masing-masing memiliki kelebihan dan kekurangan yang bisa disesuaikan dengan selera serta kebutuhan kita.

Pilih pohon kecil yang rindang

Pohon kecil dengan daun yang rindang atau lebar bisa memberikan kesan taman yang sejuk. Beberapa jenis pohon yang bisa dipilih misalnya saja pohon palem-paleman atau pohon mini lainnya.

 Warna tanaman

Sebaiknya batasi warna tanaman pada taman kita sebanyak 2-3 warna saja. Ini untuk menghindari terlalu banyaknya warna pada taman yang justru bisa membuat taman terlalu ramai.

Jumlah tanaman

Jumlah tanaman bisa disesuikan dengan besarnya taman, besar tanaman, serta penyebaran atau lebar dari tanaman itu sendiri. Bila tanaman yang kita pilih memiliki penyebaran yang luas, maka sebaiknya minimalisir jumlahnya atau berikan jarak setiap tanaman  untuk memberikan ruang tumbuh serta menghindari taman yang terlihat terlalu penuh.

Tekstur dan bentuk tanaman

Berbeda dengan warna, akan lebih baik bila kita memiliki variasi tekstur dan bentuk tanaman yang beragam untuk lebih memberikan dimensi pada taman.

Nah, semoga tips tadi bisa membantu pemilihan tanaman untuk taman mungil di rumah. (raw)