Sejak diciptakan berabad-abad lalu, gitar telah menempati posisi teratas sebagai alat musik yang paling populer, tidak peduli jenisnya. Hal ini telah membuat pembuatan dan permainan gitar semakin bervariasi juga. Sekarang toko alat musik tidak hanya menjual gitar, kita juga bisa memperbaiki gitar di sana. Namun, jika Anda ingin memperbaiki gitar Anda sendiri, atau hanya membutuhkan bagian tertentu gitar, Anda juga dapat membelinya berbagai komponen gitar di sana. Senar merupakan bagian gitar yang paling lazim dijual, dan untuk menggantinya kita tidak membutuhkan alat khusus.

Bagi Anda yang saat ini sedang membutuhkan senar gitar, berikut ini beberapa yang dapat kita perhatikan untuk mencari senar yang paling cocok untuk gitar kita.

Memilih senar gitar

Memilih senar gitar

Jenis Gitar

Tentukan jenis gitar yang kita punya. Apakah Anda membutuhkan senar untuk gitar akustik? Klasik? Elektrik? Masing-masing jenis gitar membutuhkan senar yang berbeda-beda. Senar untuk gitar elektrik tidak dapat dipasangkan pada gitar akustik dan sebaliknya.

Dan jika Anda membutuhkan senar untuk gitar akustik, perhatikan juga apakah Anda membutuhkan senar string atau nylon.

Ukuran Gauge

Tentukan gauge atau ukuran yang pas. Masing-masing senar memiliki ukuran yang berbeda-beda. Pilih senar yang lebih tebal untuk suara yang lebih berat, dan pilih senar yang tipis untuk mendapatkan suara yang lebih halus. Untuk pemula, disarankan menggunakan senar yang berukuran tipis karena lebih mudah digunakan. Ukuran atau gauge senar berkisar dari 10 hingga 59, semakin tinggi angka, semakin tinggi ketebalan dan semakin berat suara yang dihasilkan.

Lapisan Khusus Senar

Ambil senar yang memiliki lapisan khusus. Beberapa merk senar memiliki lapisan khusus yang tidak menambah ukuran senar namun membuatnya lebih tahan lama dan tidak gampang putus. Tidak semua merk memiliki lapisan ini, beberapa merk tradisional lebih memilih untuk tidak melapisi produk mereka karena takut akan merubah feel ataupun suara.

Kekuatan Leher Gitar

Apakah gitar Anda cukup kuat? Beberapa senar memiliki kekuatan yang sangat tinggi dan dapat merusak gitar yang sudah berumur. Pastikan bahwa leher, bridge, dan pegangan senar pada gitar Anda masih kuat.

Nah, semoga tips memilih jenis senar gitar tadi bisa membantu, ya. (RR)