Mendekati lebaran nanti, mukena adalah salah satu barang yang banyak dicari oleh para wanita. Selain sebagai perlengkapan sholat, pemilihan mukena yang pas juga perlu di perhatikan. Pada saat bulan ramadhan tiba akan mulai banyak pedagang dan toko-toko busana muslim yang akan jual mukena terbaru dengan berbagai macam motif dan warna.

aneka mukena untuk lebaranBagi kalian yang malas bepergian dan lebih memilih untuk berbelanja secara online, jangan khawatir karena MatahariMall juga menyediakan berbagai macam mukena yang cantik. Namun bukan hanya cantik saja yang harus diperhatikan pada saat ingin membeli mukena, ada beberapa hal yang harus di perhatikan terlebih lagi jika kalian akan membeli mukena yang akan digunakan untuk sholat idul fitri nanti. Berikut ini ada beberapa tips untuk memilih mukena yang cocok dikenakan pada saat lebaran :

  1. Pilih bahan yang tepat, maksudnya adalah bahan yang cukup tebal dan tidak transparan. Perhatikan juga bagian jahitannya, supaya mukena yang dibeli tidak cepat rusak.
  1. Pilihlah ukuran mukena yang sesuai dengan badan kalian. Pada saat menggunakan mukena ada baiknya memilih yang sesuai dengan ukuran badan, tidak terlalu besar dan tidak terlalu kecil. Karena jika ukuran tidak sesuai akan mengurangi keleluasaan pada saat melakukan gerakan sholat.
  1. Gunakan mukena dengan warna yang tidak terlalu mencolok. Warna mukena yang terlalu terang bisa menggangu jamaah lain pada saat melakukan sholat, gunakan warna-warna yang lembut agar tidak terlalu menarik perhatian pada saat sholat.
  1. Pilihlah mukena dengan bahan yang nyaman, tidak terlalu tebal dan tidak terlalu tipis. Pada saat lebaran biasanya sholat dilaksanakan di tanah lapang, yang artinya kalian akan langsung terkena sinar matahari. Gunakan mukena dengan bahan sutra atau katun sehingga dapat menyerap keringat dan lebih sejuk.
  1. Hindari mukena dengan bahan parasut atau shifon. Shifon atau parasut mempunyai bahan yang cenderung tipis dan tidak nyaman pada saat dikenakan di tanah lapang. Selain itu shifon dan parasut juga tidak menyerap keringat dengan baik sehingga akan mengganggu kekhusyuan kalian pada saat sholat.