Kehamilan tentunya jadi sumber kebahagiaan besar bagi sang calon ibu dan keluarganya. Tak jarang juga kehamilan menjadi sumber kecemasan bagi calon ibu karena mereka tidak tahu apa yang harus dilakukan agar kehamilannya berjalan lancar dan bayi lahir dengan sehat. Ini terutama menjadi hal yang sangat sering ditanyakan oleh ibu-ibu baru yang baru pertama kali mengalami kehamilan. Dalam kasus ini, pastiya mereka harus mencari tips-tips cara menjaga kehamilan. Para suami juga sebaiknya mengetahui cara-cara agar kesehatan wanita hamil dapat terus dijaga.

kehamilan sehat

kehamilan sehat

Demi kesehatan kehamilan, baik ibu dan janin yang dikandungnya, sebaiknya konsumsi kopi diminimalisasi, karena kopi mengakibatkan munculnya risiko bayi keguguran pada hamil muda. Selain selalu mengkonsumsi makanan sehat dan bergizi, suplemen asam folat juga penting sejak tiga bulan sebelum merencanakan kehamilan hingga trimester pertama, karena asam folat dapat mengurangi kemungkinan cacat tabung syaraf pada bayi. Rokok juga sebaiknya distop total, karena rokok memiliki banyak dampak buruk kepada bayi. Pemeriksaan darah juga penting untuk mendeteksi infeksi toksoplasma, rubella, sitomegalovirus, dan herpes (TORCH). Jika dibutuhkan, ibu juga dapat meminta vaksin MMR untuk mencegah gondongan, campak, dan campak jerman. Banyak yang menyarankan untuk memperbanyak konsumsi sayuran saat sedang hamil, saran ini adalah hal yang baik untuk dilakukan selama menghindari berbagai kesalahan yang sering dilakukan saat mengonsumsi sayur.

Untuk olahraga, calon ibu dapat melakukan jalan-jalan pagi atau olahraga ringan untuk memperbaiki sirkulasi dan mengaktifkan vitamin D dari sinar matahari. Olahraga sebaiknya tidak lebih dari 30 menit agar ibu tidak kelelahan, dan tidak disarankan untuk melakukan olahraga-olahraga berat. Hubungan suami-istri juga sebaiknya dikurangi, dan jika masih ingin melakukan hubungan, butuh kehati-hatian lebih agar bayi di kandungan tetap aman dan tidak tertindih. Pihak suami juga sebaiknya lebih hati-hati, karena zat dalam sperma dapat menyebabkan keguguran.

Keadaan mental ibu juga sangat penting di dalam kehamilan. Ibu sebaiknya memahami bahwa kehamilan itu sesuatu yang sebaiknya ditanggapi dengan bahagia dan senang hati, agar tidak stres. Jika perut terantuk, ibu tidak usah terlalu khawatir, karena janin di dalam tidak merasakan apa-apa. Perlu diingat bahwa kehamilan itu adalah keajaiban kehidupan, dan sudah sepatutnya dirayakan dengan gembira. Akan tetapi, ibu juga tetap harus berhati-hati dalam kehamilannya, dan selalu ingat untuk konsultasi dengan bidan jika ada keluhan-keluhan atau informasi yang ingin diketahui mengenai kehamilan. (Dana)