Memiliki kemampuan untuk memainkan alat musik pastinya menyenangkan ya.  Sayangnya tidak semua orang memiliki kesempatan untuk mengikuti kursus alat musik untuk bisa menguasainya. Kalau sudah begini, kita cuma bisa ngiler  saat melewati toko alat musik, mendambakan jari-jemari ini bisa memainkan satu atau dua alat musik di dalamnya. Tidak perlu merasa semalang itu sebenarnya, karena tanpa mengikuti les atau belajar dengan guru alias secara otodidak pun, kita bisa kok memainakan alat musik. Tips Belajar Alat Musik Secara Otodidak

Berbeda dengan belajar di dalam kelas, belajar secara otodidak memang lebih sulit, karena tidak ada yang membimbing dan memonitor progress belajar kita secara langsung. Meski begitu, bukannya hal itu tidak mungkin. Dengan tekad yang kuat dan kesungguhan, menguasai alat musik secara otodidak bukanlah hal yang mustahil lagi. Berikut beberapa tips belajar alat musik secara otodiak yang bisa dicoba:

Kenali karakteristik alat musik yang ingin dipelajari

Mengenali karakteristik alat musik yang ingin dikuasai sangatlah penting. Karena, berbeda alat musik tentunya beda pula cara untuk mempelajari serta hal-hal lain yang harus diperhatikan. Misalnya saja, bermain alat musik biola tentunya akan berbeda dengan bermain gitar, meskipun benrtuknya bisa dikatakan hampir mirip. Ada beberapa alat musik yang agak sulit dipelajari namun ada juga yang memang lebih mudah, misalnya saja gitar, ukulele, dan keyboard.

Kenali genre

Berdasarkan pengalaman, mempelajari alat musik melalui lagu lebih mudah dibandingkan dengan mempelajarinya secara notasi (mengingat not per not). Namun, tidak semua lagu bisa digunakan untuk mempelajari alat musik ini, beda genre tentu beda tingkat kesulitannya. Sebaiknya, untuk pemula pelajarilah lagu dengan genre yang tidak terlalu cepat, seperti ballad. Setelah terbiasa barulah mulai untuk mempelajari genre selanjutnya yang lebih sulit dan cepat.

Memiliki alat musik

Ingin mempelajari alat musik secara otodidak namun tidak memiliki alat musiknya tentunya akan sulit. Memang sih, alat musik harganya tidak murah, namun bisa kok disiasati dengan cara membeli alat musik bekas atau second hand. Jangan takut dengan kualitasnya, banyak toko baik toko alat musik fisik dan online yang menjual alat musik bekas dengan kualitas yang seperti baru.

Sabar

Tidak ada hal yang instan, termasuk dalam mempelajari musik. Karena itu, kita harus sabar dan tidak mudah menyerah. Tidak perlu terburu-buru dalam mempelajari musik, nikmati saja proses belajarnya. Dan jangan malas untuk selalu berlatih.

Perform

Untuk bisa mengetahui seberapa baik perkembangan kemampuan musik kita, cobalah untuk memainkan alat musik tersebut di depan teman, saudara, atau mereka yang mengerti musik. Dengan begitu kita bisa tahu kekurangan apa saja yang masih ada dan bisa diperbaiki.

Nah, semoga tips tadi bisa membantu dan selamat belajar musik. (raw)