Meski bisnis pariwisata Indonesia sudah sangat menjanjikan, namun ternyata tingkat kunjungan wisatawan lokal ke luar negeri masih sangat tinggi, lho. Keinginan untuk melihat negara yang berada di luar Indonesia tampaknya masih menjadi alasan mengapa banyak masyarakat yang bermimpi untuk ke luar negeri. Berdasarkan penelitian yang dirangkum dari berbagai sumber, ini dia tiga negara yang berada dalam daftar kunjungan tertinggi bagi wisatawan Indonesia:

  1. Korea Selatan

Korea Selatan, terutama Seoul, menempati urutan teratas dari destinasi luar negeri dan mengalahkan Jepang. Hal ini tidak terlepas dari populernya drama dan juga dunia hiburan Korea yang meledak di Indonesia. Mulai dari drama, musik, variety show, semuanya mendorong masyarakat Indonesia untuk melihat sendiri keindahan Korea Selatan yang selama ini mereka tonton di layar kaca.

Myeongdong, Korea Selatan

Lokasi wisata seperti Gyeongbokgung Palace, N Seoul Tower, Lotte World, Nami Island, hingga Myeongdong pun ramai dikunjungi wisatawan. Bahkan menurut berbagai sumber, Korea Selatan ini tetap ramai dikunjungi sepanjang tahun tak peduli musim yang sedang berlangsung, lho! Memang sih, Seoul akan tetap cantik pada musim semi, panas, gugur, atau bahkan musim dingin.

  1. Jepang

Bicara tentang destinasi wisata luar negeri yang ramai dikunjungi oleh wisatawan Indonesia tentunya tidak lengkap jika tidak memasukkan Jepang ke dalamnya. Jepang memang selalu dijadikan destinasi liburan oleh masyarakat Indonesia. Terlebih sejak diberlakukan kebijakan bebas visa untuk WNI yang memiliki paspor elektronik atau e-paspor.

Osaka Castle, Jepang

Banyaknya maskapai penerbangan yang memberikan penawaran penerbangan murah pun menjadi alasan mengapa Jepang, terutama Tokyo, banyak dikunjungi oleh wisatawan Indonesia. Selain Tokyo, Osaka pun menjadi tempat liburan yang banyak dikunjungi di Jepang. Kamu bisa melihat Universal Studios Japan, Osaka Castle, Dotonbori, dan masih banyak lagi.

  1. Singapura

Letaknya yang tak jauh dari Indonesia membuat Singapura sering menjadi tujuan wisata bagi masyarakat Indonesia yang ingin melancong ke luar negeri. Tiket penerbangan ke sana pun tidaklah terlalu mahal dan tidak memakan waktu yang lama.

Singapore

Tidak heran jika banyak pula masyarakat Indonesia yang menghabiskan akhir pekannya di Singapura. Sistem transportasinya yang mudah, kuliner menarik di setiap sudut, hingga pusat perbelanjaan dan atraksi wisata yang unik membuat masyarakat Indonesia sering sekali melancong ke Singapura! Tidak hanya itu, penginapan murah pun sangat mudah dicari 😀

Tuh, dari tiga negara di atas, mana yang masuk ke dalam daftar liburanmu tahun ini? Atau justru malah ketiganya? Selamat berlibur ya 😀