Kehamilan pertama selalu menjadi momen yang ditunggu-tunggu oleh hampir setiap wanita yang sudah menikah. Merasakan perut yang semakin membesar seiring dengan perkembangan janin dalam perut, atau tendangan-tendangan lembut di bagian perut tentunya akan semakin dinanti ketika kita sudah positif hamil. Namun, sebelum dapat merasakan semua hal tersebut tentunya wanita tersebut harus memastikan terlebih dahulu bahwa dirinya tengah hamil. Tidak mengalami menstruasi pada waktu yang seharusnya,sering dijadikan sebagai pertanda seorang wanita tengah hamil. Namun sebenarnya, ada beberapa tanda lain yang bisa menjadi pertanda bahwa seorang wanita tengah hamil, yaitu:

Tanda awal kehamilan

Tanda awal kehamilan

  • Frekuensi Buang Air Meningkat. Tekanan pada kandung kemih karena pertumbuhan janin membuat kandung kemih menjadi lebih cepat penuh da n frekuensi buang air menjadi semakin meningkat.
  • Seperti yang sudah diketahui pada umumnya, mual adalah gejala paling umum dari kehamilan. Selain mual, kita juga akan mudah sensitif terhadap bau-bau tertentu.
  • Terjadi perubahan pada payudara. Tiba-tiba saja, bagian dada kita menjadi sangat hipersensitif terhadap sentuhan. Terkadang, kita akan merasa nyeri namun seringnya payudara kita akan terasa melembut.
  • Mudah Lelah dan Mengantuk. Perubahan hormon yang terjadi di dalam tubuh membuat kinerja tubuh kita meningkat dua kali lebih besar dari biasanya.
  • Bercak Darah. Ketika janin menempel pada dinding rahim, maka implantation bleeding alis implantasi sangat mungkin terjadi. Hal ini akan membuat kita mengeluarkan bercak darah yang seringnya ditengarai sebagai menstruasi.
  • Kram Perut. Bersamaan dengan munculnya bercak darah, kita juga akan merasakan kram pada perut. Tidak hanya itu, kita juga merasa punggung kita lelah luar biasa. Hal ini terjadi karena di dalam perut kita sudah ada makhluk hidup lain yang siap tumbuh besar di dalam sana selama beberapa bulan ke depan.
  • Terlambat datang bulan. Ini adalah tanda terakhir yang bisa dijadikan pedoman kehamilan. Oleh sebab itu, kita sebaiknya menandai siklus bulanan kita setiap bulan agar bisa mengetahui kapan kita terlambat haid

Tanda-tanda kehamilan ini biasanya terasa pada masa-masa awal kehamilan atau seiring dengan perubahan tubuh pada trimester pertama kehamilan. Perlu diingat, tidak semua wanita mengalami semua tanda-tanda tersebut. Bahkan ada wanita yang tidak mengalami tanda-tanda tersebut sama sekali dan baru menyadari kehamilannya begitu memasuki trimester kedua.  (Tr/raw)