Bahasa Inggris masih merupakan bahasa internasional yang perlu dipelajari oleh seluruh lapisan masyarakat. Dari mulai anak-anak, pelajar, hingga pekerja professional. Bahasa ini telah menjadi sebuah kebutuhan, sehingga banyak lembaga kursus yang menyediakan metode belajar bahasa Inggris cepat untuk memenuhi kebutuhan ini . Namun sayangnya, metode apapun yang digunakan oleh berbagai lembaga kursus terseut, terkadang tetap tidak mampu membuat beberapa orang mampu menguasai bahasa inggris dengan cepat.

Penyebabnya tentulah sangat beragam, salah satunya yaitu sifat alami manusia yang mudah melupakan sesuatu. Dampaknya, kita akan mengalami kesulitan dalam menghafalkan beberapa hal penting yang akan sangat berpengaruh dalam proses belajar bahasa inggris ini. Misalnya saja seperti aturan penyusunan pola kalimat atau kosakata.

Tips Menghindari lupa

Tips Menghindari lupa

Beberapa ahli bahasa mengungkapkan bahwa, kita harus selalu siap akan menghadapi kondisi melupakan sesuatu. Namun, bukan berarti kita tidak menganggapnya adalah hal yang wajar dan tidak berusaha untuk mencari jalan keluarnya yah. Berikut ini beberapa hal yang kita dapat lakukan untuk mencegah lupa dan agar kita bisa mengingat dengan lebih baik yang tentunya akan membantu kita memahami pelajaran dengan lebih cepat.

Jangan terburu-buru

Semakin terburu-buru kita belajar, semakin mudah kita lupa. Belajar dengan perlahan-lahan akan lebih menambah konsentrasi dan mempermudah otak memproses pelajaran sehingga pelajaran akan lebih mudah dicerna dan akan lebih membekas pada ingatan.

Buat catatan

Tidak perlu menggunakan buku, kertas, dan pulpen, kita bisa menggunakan catatan dalam bentuk apapun. Kita bisa mengetiknya di laptop atau pc, atau kita juga bisa meninggalkan beberapa catatan kecil pada handphone kita. Diharapkan untuk menyusun catatan serapih mungkin. Catatan yang terorganisir dengan baik dapat digunakan seperti search engine offline yang dapat kita akses kapanpun tanpa bantuan internet.

Latih kemampuan terus menerus

Berlatihlah dengan menggunakan bahasa yang tengah kita pelajari di segala aspek kehidupan kita. Dengan begini, selain dapat melatih pembelajaran kita, kita juga akan terus menyegarkan ingatan sehingga kita tidak akan lupa. Berlatih bisa menggunakan metode atau cara apapun, mendengarkan rekaman, belajar melalui internet, berbincang-bincang dengan native speaker, atau cara lainnya. (RR)